blank
Kepala Kankemenag Jepara, H. Akhsan Muhyiddin bersama pengurus KKMTs 02 Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID)- “Madrasah harus mempertahankan identitas Kemadrasahannya agar tak tergerus oleh modernitas yang tak terkendali.” Demikian salah satu pesan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, H. Akhsan Muhyiddin, S.E., M.M. saat memberikan pembinaan sekaligus ta’aruf dengan kepala madrasah naungan KKMTs 02 yang berlangsung di aula 1 LP Ma’arif Jepara, Selasa (9/1-2024)

Identitas Kemadrasahan menurut H. Akhsan, panggilan akrabnya antara lain pembelajaran Aswaja, pembelajaran kitab Ta’ lim Al Muta’allim, libur hari Jum’at, memiliki ‘goodwill’ yang ditonjolkan, figur sebagai suri teladan, dan cerdas berakhlaqul karimah.

Menyinggung tentang peran Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah ( KKMTs) 02, H. Akhsan yang dikukuhkan sebagai Kepala Kankemenag Jepara definitif pada tanggal 22 Desember 2023 berharap agar KKMTs menjadi penengah dan pengayom di antara madrasah-madrasah anggotanya.

blank
Kepala Kankemenag Jepara sampaikan pembinaan

” KKMTs 02 harus membangun sinergitas antarmadrasah, tidak boleh ada persaingan tak sehat saling mematikan, madrasah besar menjadi partner madrasah kecil, membimbing, mengembangkan bersama, dan bergerak bersama mengukir prestasi. Dengan demikian, program madrasah hebat, madrasah bersahabat yang dicanangkan oleh Kementerian Agama dapat terwujud,” paparnya.

H. Akhsan juga memberi tips untuk kepala Madrasah agar sukses menjalankan tupoksinya. Menurutnya Kepala Madrasah harus memiliki kompetensi Kepribadian, Manajerial, Kewirausahaan, Supervisi, dan Sosial komunikasi yang disingkat dalam akronim ” Kemana Kau Susi”.

Pembinaan dan ta’aruf ini juga bagian dari rangkaian kegiatan rapat KKMTs 02 Jepara yang pada pertemuan bulan Januari ini digelar di aula 1 LP Ma’arif NU Jepara.

blank
Peserta Rapat KKMTs 02 Jepara

” Kami sengaja menempatkan rapat KKMTs 02 ini di aula 1 LP Ma’arif Jepara sebagai bentuk rasa syukur atas selesainya program renovasi aula 1. Jadi, LP Ma’arif NU Jepara sekarang punya 2 aula yang representatif untuk kegiatan pengembangan pendidikan di Jepara,” tutur Mualimin, Ketua LP Ma’arif NU Jepara.

Kegiatan rapat KKMTs 02 dilanjutkan dengan pembahasan persiapan lomba Tsamaco III yang akan digelar di MTs Sunan Muria Kelet pada tanggal 14 Januari 2024.

Hadepe – Sub