blank
Siti Atikoh berpose di atas panggung dengan latar belakang ribuan Srikandi Lampung yang menyatakan dukungannya. Foto: tmgp

LAMPUNG SELATAN (SUARABARU.ID)- Sekitar seribuan “srikandi” menyambut antusias kedatangan istri Calon Presiden (Capres) RI 2024, Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Suprianti, begitu tiba di Tanjung Bintang, Lampung Selatan, Selasa (9/1/2024). Semua ibu-ibu di Lampung ini tumpah ruah memadati dan memanggilnya dengan sebutan Ibu Negara.

”Selamat datang di Tanjung Bintang Ibu Negaraku, Ganjar-Mahfud Menang!” pekik para ibu-ibu.

Atikoh didampingi Ketua Srikandi Lampung Selatan, Winarni Nanang Ermanto, dan sejumlah kader PDI Perjuangan, serta perwakilan partai pengusung Ganjar-Mahfud.

BACA JUGA: Ganjar Ancam Tenggelamkan Kapal Pelaku ‘Illegal Fishing’

Sepanjang jalan setapak menuju lapangan, Atikoh disambut emak-emak yang berbaris menyambutnya dengan penuh antusias. ”Ya ampun, istrinya Pak Ganjar cantik banget,” kata seorang emak-emak.

Sebelum menyapa di panggung, Atikoh terlebih dulu menengok produk UMKM unggulan Lampung Selatan. Atikoh bahkan sempat mencoba membuat batik dari UMKM Eco Print, yang pengelolanya ibu-ibu setempat.

Dalam kesempatan itu Atikoh mengatakan, srikandi Lampung Selatan memberi contoh bagaimana perempuan bisa berkontribusi terhadap pembangunan di daerahnya.

BACA JUGA: Kepala Kanim Wonosobo Hadiri Penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan ZI dan Pakta Integritas 2024

”Perempuan bakoh, Indonesia kokoh. Kalau perempuan teguh, Indonesia tangguh. Kalau perempuannya kuat, Indonesia pasti akan hebat. Dan kalau perempuannya berdaya, Indonesia pasti jaya,” ucap Atikoh.

Ditambahkan dia, antusiasme yang ditunjukkan itu menjadi bukti ketulusan dukungan dari ribuan emak-emak. Atikoh pun menyebut, mereka sebagai perempuan luar biasa.

”Senang sekali. Luar biasa sekali. Masyarakatnya banyak dan antusias. Ini menginspirasi saya, bahwa mereka itu orang-orang yang sangat ikhlas, selalu turun di lapangan dan bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ucap Atikoh usai acara.

BACA JUGA: Pembimbing Haji Wajib Miliki Sertifikat

Dia juga mengaku bangga, lantaran emak-emak di Lampung Selatan sangat berdaya, dan terlibat dalam pembangunan daerah. Bukti konkret, salah satunya pada pencegahan stunting.

”Mereka memang selama ini juga sangat berdaya. Dari mulai bagaimana mereka dilibatkan dalam pencegahan stunting, dan program-program yang ada di Kabupaten Lampung Selatan ini. Makanya, dengan dikeroyok bareng-bareng itu bisa. Tahun 2013 angka stunting 43, sekarang tinggal 9,9. Ini luar biasa sekali,” tandas Atikoh.

Atikoh juga menyampaikan, visi-misi Ganjar-Mahfud kepada ribuan emak-emak. Salah satu program unggulan yang disampaikan adalah, KTP Sakti dan Satu Keluarga Miskin, Satu Sarjana.

Riyan