blank
LAYANI PEMBELI - Pedagang sayuran di Pasar Podosugih Kota Pekalongan tengah melayani pembeli. (Foto: Diskominfo)

KOTA PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Setelah sebelumnya harga cabai sempat meroket hingga 125 ribu rupiah per kilogram, saat ini di awal tahun 2024 harga cabai berangsur turun. Pedagang sayur di Pasar Podosugih Kota Pekalongan, Dhotiyah, saat ditemui Selasa (2/1/2024) menyebutkan harga cabai turun antara Rp 15 ribu hingga Rp 60 ribu per kilogram.

“Untuk cabai merah besar sekarang Rp 60 ribu tadinya 80 ribu, cabai rawit merah atau setan sebelumnya Rp 125 ribu perkilo menjadi Rp 90 ribu dan cabai rawit hijau lumayan banyak turunnya Rp 15 ribu tadinya Rp 60 ribu,” tuturnya.

Dijelaskan Dhotiyah, penurunan harga cabai ini sudah berlangsung kurang lebih 3 hari sebelumnya atau pada akhir tahun 2023. Lanjutnya kaitannya pasokan cabai menurutnya aman sehingga bisa memenuhi kebutuhan cabai di masyarakat yang cenderung meningkat saat ini.

Ia menambahkan, selain ada penurunan harga cabai beberapa komoditas pertanian ada yang merangkak naik di antaranya bawang putih menjadi Rp 45 ribu dari Rp 30 ribu, bawang merah Rp 40 ribu dari Rp 28 ribu dan sayur kubis Rp 12 ribu dari Rp 10 ribu.

Nur Muktiadi