Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T (dua dari kanan) bersama Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto menunjukkan Berita Acara tentang “Pinjam Pakai Tanah dan Bangunan Untuk Operasional Penyelenggaraan Program Studi  di Luar Kampus Utama Universitas Sebnelas Maret Surakarta di Kebumen. Foto: Dok/Humas UNS

SURAKARTA (SUARABARU.ID)– Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen berkomitmen mengembangkan fasilitas Pendidikan di Kampus UNS Kebumen.

Kepastian ini ditandai dengan berlangsungnya penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T dengan Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto dalam acara di Pendopo Kabumian, Kebumen pada Minggu (31/12/2023)

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto dalam arahannya menyatakan hubungan baik

antara Pemkab Kebumen dan UNS telah berlangsung lama. Terutama terkait dengan keberadaan Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UNS yang sudah lama berdiri di Kebumen.

Karena itu, Pemkab Kebumen merasa perlu mengembangkan fasilitas pendidikan UNS di Kebumen. Melalui MoU yang ditandatangani, Pemkab Kebumen  akan memberikan hibah lahan dan bangunan untuk kampus UNS di Kebumen.

“Pada tahap awal, tanah yang akan dihibahkan masih bersifat pinjam pakai  hingga tahun 2025. Sedangkan lokasinya berada di bekas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kebumen. Langkah  diambil untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kebumen.”Dengan MoU ini, kita ingin mendorong kemajuan dunia pendidikan di Kebumen,” kata Bupati Kebumen.

Masih dalam kesempatan sama, Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T dalam sambutan balasannya . menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Pemkab Kebumen yang bersedia berkolaborasi meningkatkan Pendidikan di wilayah setempat. UNS siap menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) dan mengelola operasional pendirian kampus baru di Kebumen.

Dalam kerja sama ini, Pemkab Kebumen menyediakan lahan dan sarana prasarananya., Sementara UNS menyediakan SDM, maintenance, gaji pegawai, dan sebagainya.

Sesuai rencana ,pada tahap awal akan dibuka dua hingga tiga Prodi atau fakultas baru. Kemungkinan besar pembukaannya akan melibatkan Prodi atau Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Hukum, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP).

“Untuk Prodi/Fakultas baru di Kebumen, kita fokuskan pada jenjang S1 terlebih dahulu. Sementara PGSD kami sudah membuka jenjang S1 dan S2,” jelasnya.

Bagus Adji