Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki.

BATANG (SUARABARU.ID) – Menyambut kedatangan tahun baru 2024, Pemerintah Kabupaten Batang melalui Bagian Kesejahteraan rakyat Setda Batang menggelar Khotmil Quran dan Doa Bersama Lintas Agama, di Aula kantor Bupati Batang, Senin (31/12/2023) malam.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, menyambut tahun baru merupakan sebuah momen yang sangat istimewa. Selain menjadi waktu yang tepat untuk merenungkan perjalanan hidup kita selama satu tahun penuh, juga menjadi saat yang tepat untuk memandang ke depan dengan penuh harapan dan semangat baru.

“Oleh karena itu, acara ini memiliki makna yang mendalam, yakni untuk memperkuat tali persaudaraan antarumat beragama dan memohon kepada-Nya agar memberikan rahmat, keselamatan, dan kelancaran di tahun baru yang akan kita hadapi,” jelasnya.

Dalam era yang semakin kompleks ini, lebih dari sekadar kerukunan antarumat beragama adalah kunci keberhasilan dan keberlanjutan sebuah masyarakat. Kerukunan dan harmoni antarumat beragama adalah pondasi yang mempertahankan keutuhan dan kemajuan sebuah daerah. Di Batang, kita telah mengamalkan nilai-nilai keagamaan yang mengajarkan cinta kasih, kedamaian, dan penghargaan terhadap sesama.

“Melalui acara yang diadakan ini, saya ingin mengungkapkan apresiasi dan penghargaan sebesar-besarnya kepada seluruh komunitas agama di Batang yang telah bekerja bersama-sama dalam menciptakan suasana harmoni, damai, dan toleransi yang telah kita nikmati selama ini,” terangnya.

Ia juga mengajak, untuk semuanya merenungkan dan merefleksikan pentingnya hubungan yang harmonis di masyarakat pluralis seperti Batang. Setiap individu, terlepas dari latar belakang agama, memiliki peran yang penting dalam membangun sebuah masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan.

“Masyarakat Batang untuk tetap menjaga kerukunan umat beragama, saling menghormati perbedaan, dan senantiasa menjaga kebersamaan yang telah terjalin dengan baik. Kita harus bermitra dalam mengatasi berbagai tantangan yang ada dan saling membantu untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu mewujudkan masyarakat yang mandiri, adil, berkeadilan, dan saling menghormati dengan semangat persaudaraan yang luhur,” tegasnya.

Lani juga berpesan, tahun baru 2024 ini sebagai tonggak awal perjalanan kita menuju kemajuan yang lebih baik. Mari kita tetap berkomitmen untuk terus berbuat baik, menjaga kerukunan beragama, dan berkontribusi dalam membangun daerah kita yang tercinta.

“Semoga tahun baru 2024 akan membawa kebahagiaan, kesuksesan, dan kemajuan bagi kita semua. Jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk mempererat persatuan dan kesatuan kita,” pungkasnya.

Nur Muktiadi