blank
Objek wisata baru Pantai Klotok di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, belakangan viral di media sosial (Medsos) dan menarik banyak pelancong.(Dok.Ist. Pariwisata)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Memeriahkan perayaan Tahun Baru 2024, objek wisata di Kabupaten Wonogiri menyertakan beragam event tambahan. Ini dilakukan sebagai upaya untuk menarik kedatangan para pelancong.

Di Waduk Gajahmungkur,  menyertakan atraksi pentas band dari Group Pata Rebond. Yang dalam penyajiannya mampu menyuguhkan beragam genre musik yang digandrungi masyarakat. Mulai tembang-tembang Campursari, keroncong, lagu-lagu pop, sampai irama giyang dangdut koplo.

Di objek wisata baru Pantai Klotok, di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, menyajikan atraksi cinta alam yang menantang. Yakni perkemahan di tepi pantai selatan, yang dikemas dalam event Wonogiri New Year Camp. Acara ini, diinisiasi oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bersama BumDesma (Badan Usaha Milik Desa Bersama) Desa Paranggupito, kabupaten Wonogiri.

Event perkemahan di tepi Samudera Indonesia tersebut, digelar dua hari. Yakni mulai Minggu (31/12) sampai dengan Senin (1/1). Ini dimaksudkan untuk menyambut malam Old And New Year atau penyambutan pergantian malam Tahun Baru 2024.

Gelaran untuk penyambutan Tahun Baru 2024 di Pantai Klotok ini, juga menyajikan kegiatan outbound, fire camp atau api unggun, dan acara wisata bahari.

Car Free Night

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Parpora) Kabupaten Wonogiri, Haryanto, melalui Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Objek Wisata, Pardiyanto, menyatakan, objek wisata tirta Waduk Gajahmungkur saat ini masih dalam proses pengerjaan revitalisasi. Sehingga belum memungkinkan untuk dimaksimalkan, dalam upaya mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya.

”Saat ini yang viral adalah Pantai Klotok di Kecamatan Paranggupito,” jelas Pardiyanto. Disamping sejumlah objek wisata lain yang banyak bermunculan di sejumlah lokasi. Seperti di objek wisata Gua Resi di Kecamatan Bulukerto atau tempat pelancongan lain yang pengelolaannya bekerjasama dengan pihak desa melalui BumDes.

Dari Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri, dilaporkan, penyambutan malam Tahun Baru 2024 dimeriahkan event Car Free Night. Digelar di ruas Jalur Lingkar Selatan (JLS), di DesaTanggung, Kecamatan Giritontro (sekitar 65 Kilometer selatan Ibukota Kabupaten Wonogiri.

Acara Car Free Night yang digelar Minggu malam (31/12) tersebut, sekaligus menyajikan tiga panggung musik, pesta kembang api, bazar kuliner, dan menyediakan doorprize dengan hadiah utama berupa sepeda gunung dan televisi.

Di objek wisata alam Hutan Seper di Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, menggelar event Gebyar Musik Tahun Baru 2024. Objek rekreasi di Desa Balepanjang, Kecamatan Jatipurno (sekitar 45 Kilometer arah timur laut Ibukota Kabupaten Wonogiri) ini, mendatangkan Grup Musik Seira.

Sementara itu, semalam, di Alun-alun Giri Krida Bakti (GKB) depan Kantor Bupati Wonogiri, penyambutan malam Old And New Year dimeriahkan konser musik dengan Bintang Tamu Happy Asmara. Pada Pukul 00.00 disajikan pesta kembang api, untuk menandai pergantian dari Tahun 2023 ke Tahun 2024.
Bambang Pur