blank
Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Kusworo saat mengunjungi posko siaga Nataru Kantor SAR Semarang di area GT. Kalikangkung. Foto: Ning S/SUARABARU.ID

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Kusworo mengunjungi posko siaga Natal dan Tahun Baru (Nataru) di area GT. Kalikangkung, Semarang, Kamis (28/12/2023).

Kunjungan tersebut dalam rangka melihat perkembangan situasi pengamanan Nataru dan peninjauan posko siaga Nataru Kantor SAR Semarang.

Ia menyebut, kunjungan ini juga dalam rangka pantauan arus lalu lintas melalui udara. “Arus lalu lintas sepanjang Tol Cikampek Jakarta hingga Tol Kalikangkung Semarang terpantau longgar,” ujarnya kepada awak media di posko Siaga Basarnas GT Kalikangkung.

blank
Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Kusworo. Foto: Ning S/SUARABARU.ID

BACA JUGA: Hadapi Bencana Hidrometeorologi, Basarnas Kantor Semarang Gelar Apel Siaga dan Peralatan

Menurut Kusworo selain menggunakaan CCTV, untuk memantau arus lalu lintas dalam situasi kepadatan ataupun kecelakaan menggunakan drone. “Kita tempatkan drone untuk memantau kepadatan arus dan kerawanan, guna mendapatkan penanganan cepat dan tepat,” jelasnya.

“Untuk personel, kami telah siapkan 24 jam penuh guna melakukan patroli rutin di sepanjang jalur tol, dan monitoring evaluasi bersama Jasa Marga,” terangnya.

Kusworo mengatakan, Basarnas juga telah mengantisipasi segala kejadian yang memungkinkan terjadi pada saat pancaroba ini.

BACA JUGA: Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang Gelar Rakor SAR dan Penandatanganan Rencana Kontingensi

Dalam menghadapi pancaroba, lanjut Kusworo, Basarnas telah mengantisipasi bencana alam yang biasanya terjadi di penghujung tahun.

“Menghadapi bencana alam yang sering terjadi di penghujung tahun, kami lebih mempersiapkan diri. Kami selalu mengantisipasi kejadian terburuk,” tandasnya.

“Meski prediksi BMKG intensitas hujan tidak sebanyak tahun lalu, namun kami mengantisipasi kejadian terburuk,” kata Kusworo.

Ning S