blank
Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada UPT di jajarannya. Foto: Dok/Kanwil

WONOSOBO (SUARABARU.ID) – Sebagai bentuk apresiasi, Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) di jajarannya.

Penganugerahan penghargaan diserahkan dalam kegiatan Evaluasi dan Refleksi Akhir Tahun 2023 yang digelar di Hotel Dafam Wonosobo, Rabu (27/12/2023).

Piagam penghargaan diserahkan Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto didampingi Kepala Divisi Administrasi Hajrianor, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kadiyono dan Kepala Divisi Keimigrasian Is Edy Ekoputranto.

Berbagai kategori penghargaan diberikan, mulai dari penghargaan di bidang teknis seperti Pemasyarakatan dan Keimigrasian, hingga reward yang terkait administratif dan fasilitatif, seperti Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, Pelopor Pembangunan Zona, Kehumasan, Kearsipan, Pelaksanaan Anggaran dan lainnya.

Tejo mengatakan, reward bisa dinilai sebagai katalisator untuk mendongkrak kinerja organisasi. “Penghargaan ini merupakan salah satu suplemen untuk menunjang peningkatan kinerja kita ke depan,” kata Tejo.

“Penghargaan ini bukan merupakan hasil prestasi perorangan. Karena satu organisasi banyak yang berperan untuk membentuk, mewujudkan satu prestasi yang dihargai oleh pimpinan. Baik penghargaan perorangan maupun penghargaan institusi harus diartikan sebagai upaya kita bersama dalam meraih sesuatu target capaian di tahun 2023,” ungkapnya.

Kakanwil juga menggarisbawahi 4 komponen yang mendukung kinerja organisasi, yakni Sumber Daya Manusia, sarana dan prasarana, anggaran dan regulasi.

Menurutnya, keempat komponen itu sangat menentukan performa instansi, namun bukan harga mati. Kondisi yang tidak ideal dari 4 komponen bukan sebuah hambatan. “Prestasi bisa tercipta dengan pemaksimalan kinerja, inovasi dan perencanaan yang baik,” imbuhnya.

Dikatakan, kegiatan Evaluasi dan Refleksi Akhir Tahun 2023 menjadi media bagi Kemenkumham Jateng sebagai sebuah organisasi untuk menilai capaian kinerjanya dan UPT di bawah binaannya sepanjang tahun 2023.

Ning S