blank
SIMULASI - KPU Kota Tegal saat melakukan simulasi pemungutan suara. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal melakukan simulasi proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di Kantor Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Selasa (26/12/2023).

Simulasi proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 mengambil sampel TPS 30 melibatkan 284 pemilih.

Komisioner KPU Kota Tegal Drs Thomas Budiono mengatakan, simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di TPS 30 Kelurahan Panggung beralasan karena di Kelurahan Panggung memiliki jumlah TPS yang paling banyak di Kota Tegal.

“Simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 ini bertujuan untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan. Selanjutnya akan kita evaluasi, tahap mana yang perlu di efektif dan efisienkan,” kata Thomas.

Simulai melibatkan sebanyak 284 pemilih di TPS 30 Kelurahan Panggung. Dengan logistik menggunakan spesimen atau dami. “Selain itu, dalam kegiatan simulasi ini juga melibatkan seluruh penyelenggara Pemilu. Dari mulai saksi, pengawas, Linmas hingga KPPS,” terangnya.

Melalui simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 itu, ujar Thomas, saat pelaksanaan pencoblosan bisa dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Riilnya, pada 14 Februari 2024 mendatang itu hingga jam 12 malam.

“Jika waktunya tidak mencukupi, maka bisa dilanjutkan kembali. Yakni, pada pukul 12 siang hari esoknya,” tuturnya.

Ketua KPU Kota Tegal Elvy Yuniarni dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini memberikan gambaran sebenarnya pada saat pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang. Sehingga secara tidak langsung KPPS bisa melihat gambaran Pemungutan suara.

Menurut Elvy, kegiatan ini merupakan yang pertama kali. Nantinya pada Januari akan ada kegiatan serupa yang akan diselenggarakan di Tegal Selatan.

“Harapannya, pada saat pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 14 Februari 2024 nanti masyarakat tidak akan bingung. Dalam memberikan hak suaranya di TPS,”pungkasnya.

Sutrisno