blank
Petugas di TMC bisa langsung melihat bagaimana kondisi secara real time di lapangan. Foto: Dok/Humas

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Polresta Surakarta melaksanakan patroli di lapangan yang dilengkapi dengan body worn camera atau kamera pengawas di tubuh anggota.

Selain untuk menunjang tugas sehari-hari, kamera tersebut juga untuk menunjang kelancaran selama Operasi Lilin Candi 2023 dan Pengamanan Pilpres 2024.

“Kamera tersebut sifatnya online langsung terkoneksi dengan monitor di TMC Polresta Surakarta. Petugas di TMC bisa langsung melihat bagaimana kondisinya secara real time di lapangan,” ungkap Kapolresta Surakarta Kombes. Pol. Iwan Saktiadi, Selasa (26/12/2023).

“Hasil rekaman tersebut juga akan terekam langsung di Black Office kami yang ada di TMC, yang mana apabila ditemukan pelanggaran, hasil rekaman tersebut bisa diputar ulang kembali,” ujarnya.

Iwan menambahkan, kamera tersebut juga digunakan untuk memantau arus lalu lintas dan disaat menangani aksi unjuk rasa.

“Harapan kami semua kegiatan yang dilakukan anggota di lapangan bisa terpantau di black office kami, sehingga rute-rute dimana dilalui bisa tergambar digital kami,” harapnya.

“Selain body worn camera, kami juga ada dashcam. Kamera tersebut terpasang di mobil patroli yang kegunaannya sama. Yang membedakan hanya body worn camera terpasang di badan petugas sedangkan dashcam terpasang di mobil patroli,” pungkasnya.

Ning S