Bersama Dandim 0728 Letkol (Inf) Edi Ristriyono (kedua dari kanan), Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (kanan), melakukan pengecekan pengamanan Natal ke gereja di Kecamatan Giriwoyo dan Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bersama Dandim 0728 Letkol (Inf) Edi Ristriyono, Kapolres Wonogiri Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, semalam, turun langsung melakukan pengecekan pengamanan gereja.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, langkah pengecekan ke gereja, dilakukan untuk memastikan perayaan Natal 2023 berjalan aman, damai dan terjauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ikut serta mendampingi Dandim dan Kapolres, Wakpolres bersama para Pejabat Utama (PJU) Polres Wonogiri. Gereja yang didatangi Dandim bersama Kapolres, adalah Gereja ST Ignatius Danan di Kecamatan Giriwoyo, dan Gereja Santo Yusuf di Kecamatan Baturetno. Lokasi kedua gereja tersebut berada sekitar 65 dan 50 Kilometer arah selatan Ibukota Kabupaten Wonogiri.

Semalam, Dandim bersama Kapolres, juga menyambangi Terminal Induk Giri Adipura di Krisak, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Ini dilakukan, dalam upaya memonitor kedatangan kaum boro (para perantau) yang melakukan perjalanan mudik pulang kampung, terkait dengan liburan Hari Raya Natal 2023.

Pengecekan dimulai dari terminal Giri Adipura Wonogiri, kemudian berlanjut menuju ke Gereja ST Ignatius Danan di Kecamatan Giriwoyo, dan diteruskan ke Gereja Santo Yusup di Kecamatan Baturetno.

Bersamaan itu, Kapolres, menyampaikan pesan kepada personel yang melaksanakan tugas pengamanan Natal, untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Juga meningkatkan kewaspadaan, dalam upaya mengantisipasi terhadap kemungkinan kemunculan gangguan.

Kerukunan Umat

Kata Kapolres, langkah pengecekan, dilakukan untuk memastikan semua tugas pengamanan Natal berjalan lancar, sesuai yang diprogramkan. ”Wonogiri sudah sangat kental dengan kerukunan umat beragamanya, kita support saudara-saudara kita yang merayakan Natal,” tandas Kapolres.

Menurut Kapolres, kegiatan pengamanan sudah dilakukan sejak beberapa hari yang lalu. Yakni dengan mengerahkan ratusan personel yang disebar di seluruh gereja dan titik rawan padat arus kendaraan. Hal ini berkaitan karena perayaan Natal Tahun 2023, juga bertepatan dengan libur akhir tahun.

Pada bagian lain, perayaan Natal Tahun 2023 juga bersamaan waktunya dengan agenda tahapan pelaksanaan Pemilu 2024. Menyikapi hal tersebut, jajaran Polres Wonogiri bersama prajurit TNI dari Kodim 0728 dan para pihak terkait lainnya, berupaya menjaga situasi keamanan di Wonogiri tetap kondusif.

Pengerahan personel beserta kelengkapan sarana prasarana, telah dilakukan. Bersama itu, juga telah dilakukan upaya menjalin koordinasi dengan instansi terkait, untuk membangun sinergitas kebersamaan. Harapannya, semuanya dapat berjalan lancar, tertib, dan aman.

”Mari, semua unsur saling mendukung kelancaran pelaksanaan ibadah Natal bagi saudara-saudara kita yang merayakannya,” tegas Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah.
Bambang Pur