blank
Tim K-9 dan penjinak bahan peledak (Jihandak) dari Sat Brimob Polda Jateng sedang melaksanakan sterilisasi gereja (Dok/RestaSka)

SURAKARTA (SUARABARU.ID)– Kepolisian Resor Kota (Polresta) Surakarta melaksanakan kegiatan sterilisasi pada belasan gereja di wilayah setempat. Kegiatan  menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, dilaksanakan dalam rangka pengamanan tempat ibadah bagi masyarakat yang merayakan natal.

Dalam kesempatan ini kepolisian menurunkan tim K-9 dan penjinak bahan peledak (Jihandak) dari Sat Brimob Polda Jateng

“Kami melaksanakan steriliasi Gereja untuk memberikan rasa aman dan nyaman menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Sterilisasi dialamatkan pada 16 gereja Prioritas 1,” kata Kapolresta Surakarta melalui Kabagops Kompol Sutoyo, S.Sos saat memimpin Sterilisasi, Sabtu (23/12/2023).

Kegiatan Sterilisasi, lanjut Kabagops Polresta Surakarta dibagi menjadi dua tim . Tim satu dipimpin Kompol Sutoyo, S.Sosmelakukan sterilisasi dari Gereja Katholik Santo Petrus Gendengan. Sedangkan tim dua dipimpin Kasubbag Dalops AKP Yulianto, SH.MH melaksanakan mulai dari Gereja Katholik Santo Paulus Jajar.Dua tim secara bersamaan melakukan penyisiran di seluruh area Gereja meliputi halaman depan, tempat kursi jemaah, kamar mandi, hingga area ruangan tertentu dalam gereja.

Polresta Surakarta selain melakukan sterilisasi gereja juga akan melaksanakan patroli malam natal 2023 dan tahun baru 2024. Tim patroli akan keliling ke sejumlah titik di antaranya menyasar gereja-gereja serta pusat keramaian yang ada di kota Surakarta.

“Dalam kegiatan sterilisasi secara umum tidak ditemukan benda mencurigakan . Sehingga Insyaallah semua berjalan aman,” jelas Kabagops.

Dari Humas Polresta Surakarta diperoleh keterangan, keenambelas gereja Prioritas 1 yang dilakukan sterilisasi antara lain Gereja Manahan, GRHA Anugrah, GKJ Margoyudan, Gereja Katholik Santo Petrus, Gereja Katholik Santo Paulus, GKI Coyudan. Juga GKJ Joyodiningratan, GKJ Danukusuman, GKI Sangkrah, Gereja Purbayan, Gereja GPIB Penabur, Gereja San Inigo Dirjosudiran, Gereja GBI Gading, Gereja Maria Regina Purbowardayan dan GBI Keluarga Allah (El Shaday).

Bagus Adji