blank
Wahyoe Winarto Ketua DPC Partai Demokrat Kota Semarang di Kantornya Komplek Balai Kota Semarang Jalan Pemuda Kota Semarang, Rabu (20/12/2023). Foto : Absa 

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Partai Demokrat Kota Semarang siap menghadapi Pemilu 2024 mendatang.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Semarang Wahyoe Winarto menyatakan semua sudah siap, untuk memenuhi peningkatan target jumlah kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang menjadi 12 kursi.

Hal itu disampaikan Liluk, sapaana akrab Wahyoe Winarto, kepada Wartawan di kantornya Kompleks Balai Kota Semarang Jalan Pemuda Kota Semarang, Rabu (20/12/2023).

“Kalau di Partai Demokrat, untuk Pemilu insya Allah kita sudah siap terutama untuk pencalegan. Karena kita kan juga tidak mau menang Pilpres tapi pencalegannya jeblok. Harapanya semua bisa bersinergi. Agar yang kita targetkan bisa terpenuhi. Di Kota Semarang, memang kita targetnya 12 kursi dari 6 Dapil itu masing-masing dapil ada 2 kursi,” jelas Liluk, sapaan akrab Wakil Ketua DPRD Kota Semarang ini.

Untuk memenuhi target itu, lanjutnya, pihak DPC Partai Demokrat Kota Semarang selalu mendukung dan mendorong program-program yang dijalankan oleh kordinator kader partai, di masing-masing dapil yang saat ini sudah menjabat anggota dewan.

“Kalau di internal partai, kita serahkan (program pemenangan) ke koordinator masing-masin dapil. Karena 6 Dapil ini kan kita punya 6 kursi dan itu menjadi koordinator di dapil. Dan kegiatan kita serahkan ke masing-masing koordinator, karena kan mereka lebih paham kondisi di bawah dapilnya, lalu kita (DPC) menyesuaikan,” papar anggota DPRD dari dapil Semarang Barat, Semarang Selatan.

Selain itu, imbuhnya, program yang lebih menonjol untuk semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Partai Demokrat, adalah dengan memberikan program bea siswa kepada anak sekolah, melalui program aspirasi beasiswa PIP dari anggota DPR RI dari Partai Demokrat, yaitu Alamsyah Satyanegara Sukawijaya, atau lebih dikenal dengan nama Yoyok Sukawi.

“Kita ada aspirasi dari Pak Yoyok, yang program PIP itu. Alhamdulillah itu sudah keluar dan sudah berjalan. Dan penerima beasiswa itu sudah banyak. Seperti di dapil saya saja sudah banyak, dalam satu tahun minimal 1.000 sampai 1.500 anak. Mungkin di dapil lain kurang lebih sama,” terang Liluk.

Dikatakan pula oleh Liluk, dalam pelaksanaan pemenangan Capres-Cawapres Prabowo Gibran di Kota Semarang, pihaknya juga sangat siap dalam memenangkan Capres-Cawapres yang didukung Partainya bersama koalisi partai lain, untuk memenangkan pasangan Prabowo Gibran, sesuai dengan intruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat.

“Kalau soal pemenangan Pilpres, kita sesuai instruksi dari DPP, tetap harus memenangkan pasangan nomor 2 Pak Prabowo dan Mas Gibran. Kita sudah wujudkan berkoordinasi dengan internal partai maupun dengan tim koalisi, mulai dari tingkat Kota, Kecamatan hingga ke tingkat bawah,” terang Liluk.

Sedangkan dalam Pilwakot sendiri, pihak DPC Partai Demokrat Kota Semarang menyatakan hanya sebatas sebuah usulan nama kader terbaik Partai Demokrat, yaitu Alamsyah Satyanegara Sukawijaya, atau lebih dikenal dengan nama Yoyok Sukawi, namun demikian tetap pihak DPP yang menentukan.

“Kalau ditanya siapa calonnya (Wali Kota Semarang), sementara ini Kader terbaik yang kita punya di Kota Semarang itu Mas Yoyok. Tapi itukan sifatnya hanya usulan. Kalau di internal kita (partai) harapan kita Mas Yoyok. Karena selain tokoh muda juga sudah populer di Kota Semarang. Tapi kembali lagi ke pribadi Mas Yoyok. Di internalnya itu, tapi kalau di eksternal ya kita belum tahu,” urai Liluk.

“Harapan kita dalam pemilu nanti bisa aman, lancar dan tidak ada kendala apapun. Dan untuk kader-kader diharapkan terus bergerak, dari tingkat Kota, Kecamatan hingga TPS. Agar target 12 kursi bisa terpenuhi,” harap Ketua DPC Partai Demokrat Kota Semarang ini.

Absa