blank
Penyerahan penghargaan kepada 7 OPD di lingkungan Pemkab Blora, di halaman Kantor Bupati Blora. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —   Kabupaten Blora raih penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2023, dan kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 sehingga mendapat penilaian ‘Zona Hijau’ dari Ombudsman RI, sejumlah Kepala OPD di Blora terima penghargaan dari Bupati Blora.

Apresiasi dan pemberian penghargaan kepada sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora itu dilakukan di halaman Kantor Bupati Blora. Selasa, (19/12/2023).

Bupati Blora, H. Arief Rohman menyampaikan apresiasi kepada OPD atas partisipasi dalam IGA 2023 dan apresiasi atas penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik dari Ombudsman RI.

“Hari ini kita serahkan apresiasi penghargaan kepada OPD yang telah berpartisipasi dalam IGA 2023 sehingga Kabupaten Blora menjadi kabupaten terinovatif 16 besar di tingkat nasional. Selain itu juga kita serahkan apresiasi atas penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik dari Ombudsman kita Blora dapat kualitas tertinggi, zona hijau,’’ ucap Bupati Blora.

Atas prestasi itu, lanjut Bupati Blora, diserahkan piagam penghargaan kepada 7 OPD di lingkungan Pemkab Blora. Sebanyak 7 OPD itu yang menjadi objek penilaian kepatuhan pelayanan publik dari Ombudsman RI.

“Masing – masing OPD yakni, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Puskesmas Puledagel, Puskesmas Jepon, Dinas PMPTSP, Dinas Dukcapil Blora, dan Dinas Sosial P3A,” ujar Bupati Blora.

Untuk diketahui, Kabupaten Blora menjadi Kabupaten Terinovatif, serta masuk 16 besar di tingkat nasional, dalam Innovative Government Award (IGA) 2023, pada Selasa, 12/12/2023 lalu, dari Menteri Dalam Negeri, M Tito Karnavian. Selain itu, dalam hal kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023, saat dinilai oleh Ombudsman RI, hasilnya memperoleh zona hijau atau kualitas tertinggi.

Rapor hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 dari Ombudsman RI tersebut diterima Blora, di Semarang, pada Senin 18 Desember 2023.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Ketua Ombudsman RI No. 418 Tahun 2023 tentang Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023, Kabupaten Blora memperoleh skor nilai 92,69. Artinya, Kabupaten Blora berhasil memperoleh penilaian dalam zona hijau atau kualitas tertinggi.

Kudnadi Saputro