Tangkapan layar pengumuman pemenang Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2023 kategori media online. Insert: Diaz Azminatul Abidin. Foto: tangkapan layar YouTube Pertamina

SEMARANG (SUARABARU.ID) Wartawan Suarabaru.id Diaz Azminatul Abidin meraih juara pertama lomba anugerah jurnalistik Pertamina (AJP) 2023 wilayah Jawa bagian tengah. Ini kemenangan berikutnya, setelah sekitar sebulan lalu Diaz juga meraih juara I lomba penulisan yang diselenggarakan Pemprov Jateng.

Diaz, sapaan akrabnya memenangi lomba AJP 2023 untuk katetori media online di teritorial Jawa bagian tengah (termasuk DI Yogyakarta).

Total ada enam kategori AJP 2023 yakni cetak, online, radio, televisi, foto, serta satu tambahan ulasan tentang UMKM terbaik yang diperebutkan lima kategori media tersebut.

Secara nasional terdapat 10 teritorial untuk AJP 2023. Di mana setiap teritorial terdapat juara 1-3 untuk masing-masing kategori media massa.

Pengumuman AJP 2023 secara nasional dilakukan di Hotel Tentrem, Jumat 15 Desember 2023. Pengumuman tersebut juga ditayangkan melalui streaming YouTube.

“Alhamdulillah bisa mendapatkan anugerah menjadi juara pertama. Sebuah pembelajaran dan pengalaman yang penting,” katanya usai menyaksikan secara langsung pengumuman secara streaming.

Dia juga mengatakan, keikutsertaannya pada AJP merupakan yang pertama kalinya. Meski demikian, dirinya tak bisa menghadiri penghargaan AJP 2023 di DI Yogyakarta karena sedang mengikuti kursus singkat short course bersama Pemprov Jawa Tengah di Tiongkok, Senin-Sabtu 11-16 Desember 2023.

Adapun empat dari total enam juara AJP 2023 Jawa bagian tengah termasuk wartawan Suarabaru.id juga sedang mengikuti short course bersama Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jawa Tengah itu.

Diaz mengangkat sebuah tema tentang pabrik kopi atau Rumah Kopi Margo Redjo legendaris di Kota Semarang yang telah berubah nama menjadi Dharma Boutique Roastery.

Pabrik kopi sangrai yang telah ada sejak 1928 itu masih memanfaatkan energi gas hingga sekarang.

Namun pemanfaatannya tempo dulu menggunakan gas kotor pembakaran batu bara sementara hari ini menggunakan energi yang lebih bersih yakni gas bumi.

Para Pemenang

Secara keseluruhan juara pertama dari teritorial Jawa bagian tengah di antaranya, Diaz Azminatul Abidin (Suarabaru.id), dengan judul “Riwayat Seabad Rumah Kopi Sangrai Saksi Metamorfosis Energi”.