blank
Basarnas Kantor SAR Cilacap gelar Apel Siaga SAR Khusus di halaman Kantor SAR Cilacap. Foto: Dok/SAR

CILACAP (SUARABARU.ID) – Dalam mengantisipasi maraknya keramaian dalam merayakan hari Natal tahun 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru), Basarnas Kantor SAR Cilacap menggelar Apel Siaga SAR Khusus di halaman Kantor SAR Cilacap.

Dalam apel siaga tersebut diikuti oleh seluruh pegawai dan berbagai organisasi potensi SAR, Senin (18/12/2023).

Kepala Kantor SAR Cilacap, Adah Sudarsa mengatakan, Apel Siaga SAR Khusus ini dilaksanakan untuk mengetahui kesiapsiagaan personel dan juga peralatan yang dimiliki Basarnas dalam menghadapi Nataru.

“Dalam Siaga SAR Khusus ini, Basarnas Cilacap menyiagakan 65 personel dari Kantor SAR Cilacap, Unit Siaga SAR Banyumas, dan Posko Kebumen,” kata Adah.

Selain itu juga dikerahkan alat utama (alut) SAR seperti Rigid Inflatable Boat, Rescue Truck, Rescue Carrier, Rescue Car, Truck Personil, Motor Trail, Beach Patrol, peralatan medis, peralatan selam, peralatan ekstrikasi, dan peralatan urban SAR, untuk terwujudnya pelayanan SAR yang optimal secara professional, sinergi, aman dengan prinsip quick action dan semangat satu jiwa satu rasa.

“Kesiapsiagaan Basarnas dalam Siaga SAR Khusus Nataru harus selalu ditingkatkan dari tahun ke tahun, baik koordinasi, kesiapan personel, serta peralatan dan keterampilan, untuk meningkatkan kecepatan waktu tanggap (response time), dan waktu tempuh (deployment time) jika terjadi kecelakaan dan bencana, serta kondisi membahayakan manusia,” terang Adah.

Menurut Adah, pelaksanaan Siaga SAR Khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini akan dilaksanakan selama 22 hari. Dimulai dari 18 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024.

Ning S