blank
Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Semarang menggelar Apel Kesiapsiagaan Siaga SAR Khusus. Foto: Dok/SAR

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Semarang menggelar Apel Kesiapsiagaan Siaga SAR Khusus, Senin (18/12/2023).

Kegiatan apel berlangsung di Gedung Siaga, Jalan Anyar Gondoriyo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang yang diikuti seluruh pegawai Kantor SAR Semarang.

Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto menyampaikan, Siaga SAR Khusus ini merupakan tindakan kesiapsiagaan jika terjadi tindak kedaruratan atau kecelakaan pada arus mudik atau balik, menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru Tahun 2024.

Selain itu juga mewaspadai bencana hidrometeorologi yang dimungkinkan terjadi akibat dampak musim penghujan.

“Kesiapan personel, sarana prasarana dan peralatan harus selalu siap. Laksanakan dan koordinasikan dengan pemangku kepentingan agar dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus dan operasi SAR bisa berkolaborasi, serta bersinergi dengan baik,” ujar Heru.

Heru juga meminta agar personel melaksanakan siaga secara profesional, dan penuh tanggung jawab.

“Siaga SAR Khusus dilakukan Kantor SAR Semarang meliputi posko terpadu Provinsi, posko bersama yang dilaksanakan di gerbang Tol Kalikangkung, yakni disiapkan 1 unit Helikopter Dhaupin HR 3606, posko mandiri di pos SAR, Unit Siaga SAR, dan Kapal KN Sadewa 231. Saya minta semua personel untuk jaga kesehatan,” tandasnya.

Ning S