blank
Ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kondisi kulit yang terlalu kering menyebabkan tumit pecah-pecah. Kulit kering bisa terjadi karena pertambahan usia. Perubahan hormonal seiring bertambahnya usia menyebabkan kulit kering dan kurang elastis. Hal ini turut memengaruhi kulit telapak kaki sehingga menimbulkan pecah-pecah.

Eksim termasuk salah satu masalah kulit yang bisa menyebabkan telapak kaki mengelupas.Proses penyembuhan dapat berkisar 7 hari dengan perawatan yang baik. Sehingga diharpakan setelah 7 hari,kulit baru akan terbentuk.

Dilansir dari Suara.com, hal ini tentu bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang terutama kaum hawa dan sejatinya ada banyak obat untuk menghaluskan tumit kaki secara alami.

Pasalnya, sangat penting untuk mengatasi tumit kaki yang kering dan mengelupas ini agar tidak semakin parah karena bisa berbahaya dan membuat tidak nyaman. Seperti melansir dari laman suryahusadha, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kulit tumit kaki yang pecah-pecah.

1. Madu

Madu adalah salah satu bahan alami yang mempunyai banyak manfaat, tidak hanya untuk kesehatan juga penting untuk kecantikan. Kemudian madu ini pun diklaim efektif dalam mengobati tumit kaki yang mengelupas atau pecah-pecah itu. Caranya pun mudah cukup dengan mengoleskan madu pada tumit kaki yang pecah secara merata sehingga lembap.

2. Garam

Garam pun bisa dijadikan obat untuk mengobati tumit kaki yang pecah atau mengelupas dan juga menjaga kelembapannya. Kemudian garam juga bisa melancarkan peredaran darah pada telapak kaki secara alami.

Caranya adalah dengan mencampurkan garam dengan ukuran setengah cangkir ke air hangat di dalam baskom. Baskom itu nanti jadi tempat untuk merendam kaki dan apabila sudah tercampur rata tinggal rendam kaki ke dalam air garam hangat selama 10 menit.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga bisa mengobati tumit yang pecah atau kering dengan cara langsung dioleskan sambil memijat secara lembut selama 10 hingga 15 menit. Dengan memijat permukaan kaki yang pecah ini menggunakan minyak zaitu bisa membantu melembapkan kulit dan merangsang sirkulasi darah.

4. Pisang

Buah pisang pun bisa dipakai dalam mengobati tumit kaki yang pecah dan harus menggunakan pisang matang.

Pasalnya, pisang matang ini dapat membantu melembapkan kulit telapak kaki karena sifat pelembap dan cepat melembutkan telapak kaki.

Caranya adalah dengan menyediakan buah pisang matang dan hancurkan menjadi adonan pasta. Setelah itu, bersihkan telapak kaki dan oleskan langsung pada bagian yang kering atau pecah-pecah. Kemudian, biarkan selama 10 hingga 15 menit agar kulit telapak kaki bisa menyerap sempurna.

Demikianlah beberapa cara mengatasi kulit tumit kaki kering dan mengelupas dengan menggunakan bahan yang alami. Semoga bermanfaat.

Claudia