blank
Ketua MPR RI yang juga Wakil Ketua DPP Partai Golkar Bambang Soesatyo memberi sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Balai Desa Kabekelan, Kecamatan Prembun, Kebumen, Sabtu 16/12.(Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SARABARU.ID) – Ketua MPR RI yang juga Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar H Bambang Soesatyo menyatakan, Pemilu 2024 yang berlangsung aman, tertib dan lancar jauh lebih penting dari sekadar menang atau kalah.

Hal itu diungkapkan politisi yang akrab disapa Bamsoet saat memberi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI serta Pembekalan dan Pengukuhan Sakti TPS Kecamatan Prembun dan Kecamatan Padureso, di GOR Desa Kabekelan, Prembun, Sabtu (16/12).

Acara dihadiri Ketua DPD Partai Golkar Kebumen Halimah Nurhayati yang ikut memberi materi Sosialisasi Empat Pilar. Sedangkan Sekretaris DPD Partai Golkar Kebumen Lulus Tri Paryadi memandu sosialisasi. Hadir pula Wakil Ketua DPRD Kebumen dari Fraksi Partai Golkar Munawar Cholil.

Menurut Bamsoet, dalam kapasitas sebagai Ketua MPR RI, dirinya perlu sering terjun langsung ke masyarakat guna mendengarkan aspirasi rakyat. Lebih khusus untuk memastikan agar masyarakat menyukseskan Pemilu 2024 yang akan tiba pada 14 Februari tahun depan.

Bamsoet menyatakan, kita perlu menjaga pentingnya Pemilu damai. Sebab, jika ribut terus, maka ekonomi akan terganggu. Dampaknya luas karena pengusaha juga akan enggan berusaha. Bahkan investor yang membuka lapangan kerja juga akan meninggalkan kita jika ekonomi tak kondusif.

Dalam paparannya, Bamsoet juga mengajak segenap kader Partai Golkar di 26 kecamatan di Kebumen untuk benar-benar menghayati, memahami dan mengamalkan Empat Pilar Kebangsaan. Yaitu Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945 dan NKRI.

blank
Ketua MPR RI yang juga Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Bambang Soesatyo bernyanyi bersama para kader di Balai Desa Kabekelan, Prembun , Kebumen, Sabtu 16/12.(Foto:SB/Komper Wardopo)

Bamsoet mengatakan bahwa keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya. Indonesia memiliki 1.300 suku bangsa, 733 bahasa dan tersebar di berbagai wilayah Tanah Air.

Menjaga Keutuhan NKRI

Ketua MPR itu pun mengajak semua pihak dan masyarakat menjaga keutuhan NKRI sampai kapan pun. Tak kalah penting masyarakat perlu menjaga dan merawat keberagaman, dengan dasar  Ideologi  Pancasila dan melaksanakan UUD 1945 di setiap sendi kehidupan.

Terkait persiapan menghadapi Pemilu 2024, Bamsoet meminta kader Partai Golkar terus merapatkan barisan. Peran para saksi dan kader partai didukung para calon legislatif di daerah sangat menentukan keberhasilan mencapai target kemenangan partai.

Bamsoet optimistis perolehan kursi DPRD Kabupaten Kebumen akan bertambah 3-4 kursi dari 7 daerah pemilihan. Apalagi persiapan dan konsolidasi telah dilakukan sejak enam tahun lalu, dengan pemetaan dan kaderisasi didukung langkah para wakil rakyat dan caleg.

“Kader dari Pusat hingga kecamatan dan desa serta ranting harus siap menghadapi hari pencoblosan 14 Februari 2024. Yang penting bukan soal menang atau kalah, tetapi kita ingin Pemilu aman, tertib dan lancar serta menghasilkan kepemimpinan nasional penerus Pak Jokowi yang proprakyat,”tandas dia.

Menyinggung hasil survai Pemilu 2024 yang menempatkan Partai Golkar di posisi ketiga atau keempat, Bamsoet memandang hal itu bukan menjadi patokan utama bagi Partai Golkar. Sebab survai hanya mengambil sampel 2.000 dari jumlah penduduk 270 juta.

Bagi Bamsoet, lebih penting bagi segenap kader Partai Golkar didukung pengurus DPP dan DPD harus terus konsolidasi. Kader perlu terus bergerak dan bekerja untuk menghadapi Pemilu 2024 serta memaksimalkan selama masa kampanye.

Komper Wardopo