blank
Kasatlantas Polres Batang AKP Wigiyadi. (Foto: Istimewa)

BATANG (SUARABARU.ID) – Satlantas Polres Batang mulai menyiapkan sarana dan prasarana jalan raya untuk pengamanan selama arus lalu lintas menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

“Persiapannya kini sudah mulai dilakukan, salah satunya Pospam yang sudah dipetakan yakni berada di Kandeman, Alas Roban, Rest Area 379A, Rest Area 360B, dan Exit Tol yang berada di Kecamatan Warungasem,” kata Kasatlantas Polres Batang AKP Wigiyadi saat ditemui di Rumah Makan Spesial Soto Boyolali Batang, Kabupaten Batang, Jumat (15/12/2023).

Ia mengatakan, titik rawan ada di Kabupaten Batang karena ada dua jalur besar yakni Jalan Tol dan jalan arteri pantura lumayan banyak.

Ia juga mengimbau, untuk pengendara kendaraan yang akan mudik libur Nataru nanti, jika melintas di Kabupaten Batang dengan kondisi hujan harus lebih hati-hati mengurangi kecepatannya.

“Terutama pada Jalan Tol KM 351 sampai KM 359 yang sering terjadi kecelakaan. Pada lokasi tersebut setelah kita analisa bukan hanya waktu manusia, tapi faktor gelap kondisi jalannya dan kami sudah berkoordinasi dengan pengelola perlunya lampu penerangan,” jelasnya.

Kemudian, untuk jalur arteri pantura mulai dari Kota sampai Kalikuto sepanjang 53 Km kerawan kecelakaan yakni banjir di Kecamatan Tulis dan depan Rumah Sakit QIM. Kalau terjadi hujan deras penanganannya dengan menyediakan pompa air dari BPBD Kabupaten Batang. “Jika terjadi kepadatan lalu lintas pada saat libur Nataru ada persiapan rekayasa jalur alternatif untuk menjaga kelancaran,” ungkapnya.

Rencananya, lanjut dia, pada H-3 pada hari Nataru untuk kendaraan besar selain membawa sembako akan dilarang melintas. Untuk jangka waktunya nanti melihat kondisi kepadatan lalu lintasnya lancar atau tidak.

Termasuk pemilihan hari, jika ingin mudik nanti masyarakat jangan bersamaan supaya menghindari penumpukan kendaraan baik di Jalan Arteri Pantura dan Jalan Tol. “Pada Poscam sendiri tim yang diterjunkan ada Polres Batang, tim kesehatan Dinkes, BPBD, Dishub, dan Satpol PP Batang. Sedangkan, Pospam yang diterjunkan ada Polres Batang, TNI, dan Dishub Kabupaten Batang,” tandasnya.

Nur Muktiadi