Pasar Pucang
Petugas pemadam kebakaran dibantu masyarakat Desa Pucang sedang berupaya memadamkan api yang membakar Pasar Desa Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Foto: W. Cahyono

KOTA MUNGKID ( SUARABAU.ID)- Diduga korsleting listrik dari salah satu kios yang ada di Pasar Pucang, menyebabkan belasan kios dan los yang ada di Pasar Desa Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang terbakar. Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 17.45 WIB, Jumat ( 15/12/2023).

Kobaran api dengan mudah menjalar, dikarenakan sebagian kios dan los yang ada di dalam pasar tersebut berupa bangunan semi permanen yang terbuat dari kayu.

“Titik api pertama terlihat dari salah satu kios yang ada di dalam pasar dan langsung merembet ke sejumlah kios dan los yang ada,” kata salah satu saksi mata, Yayang Ariesnanto.

Yayang mengatakan, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 17.45 WIB, ketika orang-orang hendak menjalankan salat Magrib.  Namun, tiba-tiba terdengar suara seperti ada percikan api dari salah satu kios yang ada di dalam pasar.

Menurutnya, warga tidak menyangka pasar desa tersebut terbakar. Namun, warga  menyadari terjadi kebakaran, setelah melihat adanya kepulan asap yang membumbung disertai api yang membara dari salah satu kios dan membakar sejumlah kios dan los.

Setelah mengetahui adanya kebakaran salah satu warga mengumumkan kepada seluruh warga Desa Pucang melalui pengeras suara musala setempat. Setelah itu, warga  langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran.

Setelah mendapatkan laporan dari warga, petugas pemadam kebakaran dari UPT Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kabupaten Magelang dan dibantu dari UPT Pemadam Kebakaran Kota Magelang langsung melakukan upaya pemadaman. Akhirnya, kurang dari satu jam api berhasil dipadamkan.

“Berkat kesigapan dari masyarakat dan dari petugas pemadam kebakaran, api berhasil dipadamkan kurang dari satu jam,” kata Kepala UPT Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kabupaten Magelang, Edy Priyanta.

Dugaan sementara penyebab kebakaran tersebut yakni korsleting arus listrik dari salah satu kios yang ada  di pintu utama tengah. Sedangkan untuk kerugian material akibat kebakaran tersebut masih dalam perhitungan.

Sedangkan, jumlah kios dan los yang terbakar sekitar 15 unit dari 80 unit kios dan los yang ada di dalam pasar tersebut. Untuk memastikan penyebab kebakaran, tim inafis Polresta Magelang langsung melakukan olah kejadian perkara. W. Cahyono