blank
Polisi Blora lakukan patroli bersepeda sembari menyapa warga di pinggir - pinggir gang dan lorong-lorong di kota Blora. Jumat, 15 Desember 2023.  Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Sejumlah anggota Satuan Samapta Kepolisian Resor (Polres) Blora Polda Jawa Tengah meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat dengan cara melakukan patroli bersepeda di seputaran kota Blora. Jumat, (15/12/2023).

Kasat Samapta Polres Blora AKP Kusnio, SE., menyampaikan bahwa kegiatan patroli bersepeda tersebut dilaksanakan dengan tujuan agar bisa menjangkau setiap sudut jalanan yang sulit untuk di lalui oleh kendaraan, sekaligus meningkatkan kedekatan dengan masyarakat, oleh karena itu patroli bersepeda dianggap efektif.

“Patroli Bersepeda tentunya dapat menjangkau jalan atau pun gang yang sempit dan lebih fleksibel ketika harus menyapa masyarakat yang sedang berkegiatan di seputaran kota Blora,” ungkap Kasat Samapta Polres Blora.

Lebih lanjut, AKP Kusnio menjelaskan bahwa patroli kepolisian rutin dilakukan oleh Satu Samapta, tidak hanya bersepeda, tapi ada juga patroli bersepeda motor, serta patroli dengan kendaraan roda empat.

“Selain untuk mencegah adanya tindak kriminalitas, kegiatan patroli bersepeda tersebut juga untuk meningkatkan kehadiran Polisi di tengah – tengah masyarakat, dimana dengan menghadirkan Polisi ditengah masyarakat agar lebih dekat dan mudah saat membutuhkan kehadiran petugas kepolisian,” tandas Kasat Samapta.

Kegiatan patroli bersepeda kepolisian tersebut mendapat tanggapan positif dari warga Blora, salah satunya Jupri Prasetya, warga kelurahan Mlangsen, Kecamatan Blora saat berada di Alun Alun Blora, mengatakan kepolisian patroli bersepeda kelihatan ramah dan lebih akrab dengan warga.

“Patroli bersepeda ini kesannya lebih humble dan lebih ramah, karena petugas bisa menyapa warga dari dekat, sambil diskusi tentang kamtibmas. Dan kamipun warga terasa lebih aman saat beraktivitas,” kata Jupri Prasetya.

Kudnadi Saputro