Gempita Jagakarya digelar di Alun-alun Kabupaten Pacitan, disajikan sebagai pesta rakyat event wisata terpadu akhir tahun, yang juga menyertakan aneka sajian seni budaya.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Pesta rakyat ”Gempita Jagakarya,” kini resmi jadi event wisata terpadu di Kabupaten Pacitan, Jatim. Event akhir tahun ini, digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan. Berlangsung sejak Kamis malam (14/12) sampai dengan Sabtu malam (16/12) besok.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, event tersebut dikemas dalam tajuk ”Gempita Jagakarya.” Mengusung konsep  pameran dan promosi pariwisata, yang bersinergi dengan geliat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Ekonomi Kreatif (E-Kraft) dan dikolaborasikan dengan aneka macam pertunjukan seni budaya.

Event ini digelar selama 3 hari di Alun-alun Kabupaten Pacitan dan buka resmi oleh Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayu Aji. Juga hadir dalam acara pembukaan, Sekda Kabupaten Pacitan, Heru Wiwoho bersama jajaran Forkompimda, para kepala dinas instansi, serta dihadiri ribuan warga masyarakat.

Gempita Jagakarya, menjadi ajang pesta rakyat. Pertunjukan musik dan seni budaya, disajikan untuk menghibur masyarakat Pacitan. Hadirnya UMKM serta E-Kraft, makin menambah lengkap materi sajian di event tersebut.

Seni Ronthek

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemudaan dan Olahraga Pacitan, Turmudi, menyatakan, kegiatan ini bertujuan sebagai sarana promosi wisata, UMKM, E-Kraft dan destinasi lain di Pacitan. Sekaligus sebagai media promosi, sarana peningkatan perekonomian, ruang ekspresi, serta sarana berkumpul masyarakat.

Hari pertama Gempita Jagakarya, diisi dengan hiburan Seni Panggung Ekspresi PAUD, Opening Ceremony, Seni Rontek (Ronda Trethek) dari Group “Kedaton Maron”, Seni Tari, Kesenian Musik Rampak Kendang dan Keroncong Pesisir Hamoni.

Hari kedua, Jumat (15/12), akan tampil KIPO Musik, Fashion Show “Satukanlah Peran, Cintai Produk Lokal” Feat Volliow Music. Dirangkai dengan pagelaran musik band dangdut akustik asal Kota Yogyakarta ‘Guyon Waton’ sebagai Guest Star.

Terakhir, yakni pada hari ketiga, Sabtu (16/12/2023) akan dipentaskan Children Fashion Show ”Casual Holiday”, Cooking Competition, sebagai pembuka acara. Dilanjutkan pentas Band VH Unity dan pemusik lokal Roadtudjah. Sebagai penutup, akan ada penampilan band asal Kota Bandung yang cukup populer di jagad maya yakni, ‘3 Pemuda Berbahaya’.
Bambang Pur