blank
delegasi FTP USM berkesempatan melaksanakan kunjungan industri ke Pusat Inovasi dan Teknologi Koko, Lembaga Koko Malaysia. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Selama lawatan ke di dua universitas ternama di Malaysia, yaitu Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) dan Institut Penyelidikan Produk Halal, Universitas Putra Malaysia (IPPH UPM), delegasi FTP USM berkesempatan melaksanakan kunjungan industri ke Pusat Inovasi dan Teknologi Koko, Lembaga Koko Malaysia pada 14 Desember 2023.

Pusat riset koko milik kerajaan Malaysia itu berada di Pusat Inovasi dan Teknologi Koko Lot 12621, Kawasan Perindustrian Nilai, 71800 Nilai, Negeri Sembilan.

Lembaga riset koko tersebut berada di bawah kendali Kementerian Peladangan dan Komoditi (Ministry of Plantation and Commodities) dan melaksanakan penelitian pada aspek hulu hingga hilir dan perdagangannya.

Delegasi FTP USM yang dipimpin Prof Dr Haslina MSi itu diterima oleh Mohd Zaini Bin Nanyan, pimpinan lembaga tersebut bersama jajarannya di ruang pertemuan Kamis (14/12).

Mohd Zaini, seorang peneliti bidang bioteknologi kakao memaparkan secara detail mengenai struktur organisasi organisasi yang dipimpinnya, bidang riset, ragam pelayanan publik, dan produk pengambangan dari kakao.

Menurut Prof Haslina, pada akhir dari kunjungan industri pada pusat riset koko, delegasi USM diajak melihat fasilitas laboratorium yang terasa lengkap dengan ragam peralatan analisis dan instrumentasi, untuk deteksi cemaran baik mikrobiologi, kimiawi ataupun logam berat.

”Kunjungan industri diakhiri dengan melihat praktik pembuatan aneka produk olahan Kakao secara manual (demonstrasi) oleh seorang chef dan produksi aneka olahan kakao secara masinal,” ujarnya.

Muhaimin