Siti Atikoh merangkul seorang ibu, untuk memberikan pemahaman akan pentingnya kesehatan bagi seorang perempuan. Foto: tmgp

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Istri Calon Presiden (Capres) RI 2024 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti mengatakan, perempuan sehat dibutuhkan untuk membentuk sebuah keluarga yang kuat. Karenanya, Atikoh mendorong perempuan harus sadar untuk menjaga kesehatan.

Hal itu seperti yang disampaikan Atikoh, saat melihat pemeriksaan kesehatan di Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (13/12/2023). Acara itu diberi tajuk ‘Ibu Sehat Keluarga Kuat’.

Pemeriksaan kesehatan yang tersedia mencakup ukur tensi, suhu tubuh, serta konsultasi kesehatan dengan dokter. Atikoh berharap, dengan kegiatan semacam ini warga bisa lebih sadar akan kesehatannya.

BACA JUGA: Organisasi Pengusaha Indonesia Percayakan Penegakan Hukum pada Ganjar-Mahfud

”Ini bisa jadi deteksi awal, sehingga kalau misal ada diagnosis lebih awal, treatment-nya akan lebih mudah,” ucap Atikoh.

Selain itu, dia juga sempat berdialog dengan seorang ibu bernama Karni. Ibu dua anak itu merupakan warga Wonogiri. Sambil berinteraksi, Atikoh sekaligus membahas isu stunting.

”Karena stunting terkait dengan SDM, kita kan ingin mewujudkan Indonesia emas, tapi mulai awalnya dari SDM,” terang Atikoh.

BACA JUGA: PT Tirta Investama Gencar Ikut Tangani Kasus Stunting di Wonosobo

Sambil memberikan semangat pada seorang wanita yang sedang diperiksa kesehatannya, Siti Atikoh (kiri), menekankan pentingnya dukungan seorang ibu untuk keluarga. Foto: tmgp

Ibu dari Muhammad Zinedine Alam Ganjar itu menegaskan, seorang perempuan harus menjaga kesehatan dirinya. Terutama calon ibu muda. Sebab, jika seorang ibu sehat maka akan berpengaruh pada janin yang dikandungnya.

”Karena kalau stunting, itu berarti tidak reversibel, jadi benar-benar harus dijaga. Dimulai sejak calon ibu mau menikah, harus mendapat edukasi,” tegasnya.

Atikoh berharap, ke depan pemeriksaan kesehatan serupa lebih dimasifkan lagi. Terutama di tingkat terkecil, yakni masyarakat. Utamanya bagi perempuan, sebab jika mereka sehat maka akan produktif.

BACA JUGA: Tentara Berikan Pembekalan Bela Negara kepada Siswa

”Tadi juga ada edukasi, terkait agar perempuan berdaya dari sisi kesehatan. Karena kalau kesehatannya mereka terjamin dan terjaga, maka mereka akan menjadi ibu-ibu yang produktif juga,” tandasnya.

Atikoh hadir di lokasi bersama caleg DPR RI dari PDI Perjuangan, di antaranya Charles Honoris, dan Jeffry Waworuntu. Di kesempatan itu, tokoh masyarakat bernama Sakri menyampaikan apresiasinya atas kehadiran Atikoh.

”Terima kasih atas kunjungannya, mudah-mudahan ada kelanjutannya. Sampaikan salam hormat kami semua warga tempat ini, kepada Bapak Ganjar,” pungkasnya.

Riyan