Kantin Kontainer di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kudus bersama Dompet Dhuafa Jawa Tengah diresmikan. Foto: Dok/DD

KUDUS (SUARABARU.ID) – Kantin Kontainer di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kudus bersama Dompet Dhuafa Jawa Tengah diresmikan pada Selasa (12/12/2023).

Diketahui, Dompet Dhuafa merupakan lembaga filantropi Islam yang telah bergerak selama 30 tahun di kancah nasional maupun Internasional. Salah satu program unggulan Dompet Dhuafa adalah Program Kantin Kontainer, program beasiswa berbasis enterpreneurship yang digagas untuk meningkatkan jiwa wirausaha bagi penerima manfaatnya.

Dekan FEBI IAIN Kudus, H. Wahibur Rokhman mengatakan, pihaknya sangat terbuka dan senang menerima program beasiswa Kantin Kontainer dari Dompet Dhuafa, karena program beasiswa ini tidak hanya membantu, tapi juga menguatkan jiwa kewirausahaan mahasiswa FEBI IAIN Kudus.

Zaini Tafrikhan, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Tengah menyatakan, bahwa pembangunan Kantin Kontainer di FEBI IAIN Kudus merupakan salah satu Kantin Kontainer dengan pembangunan tercepat di Indonesia selama 2023.

Sebelum di FEBI IAIN Kudus, Kantin Kontainer sudah diresmikan di UIN Salatiga, UIN Walisongo Semarang, dan UIN Banten. “UIN Salatiga yang merupakan pilot project kami, sampai saat ini sudah beberapa alumninya berhasil dengan karir profesionalnya dan juga melanjutkan usaha wirausaha,” kata Zaini.

Ia menyebut, program Kantin Kontainer adalah program pemberian donatur Dompet Dhuafa Jawa Tengah melalui dana zakat untuk melanjutkan pendidikan mahasiswa berprestasi dan membutuhkan bantuan.

“Sudah ada banyak yang dikerjakan Dompet Dhuafa, dan Kantin Kontainer merupakan salah satu program yang tidak boleh berhenti satu atau dua tahun, tapi berkelanjutan dan wajib berkembang,” tutur Udh Tri Kurniawan, GM Pengembangan Ekonomi dan Kemandirian Dompet Dhuafa.

Ning S