blank
Dewan Pendidikan Wonosobo meminta pemerintah setempat mengalokasikan Bosda untuk sekolah swasta. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Dewan Pendidikan Wonosobo meminta pemerintah setempat untuk menyediakan alokasi dana bantuan operasional sekolah daerah (Bosda) di sekolah-sekolah swasta.

“Saat ini sekolah swasta belum mendapatkan alokasi dana Bosda. Dana Bosda masih dialokasikan di sekolah negeri. Karena itu, ke depan sekolah swasta harus mendapatkan dana Bosda,” tegas, Wakil Ketua Dewan Pendidikan Wonosobo, Parwanto.

Hal itu mengemuka dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Dewan Pendidikan Wonosobo di Kantor Dewan Pendidikan setempat, Selasa-Rabu (12-13/2023).

FGD yang dipandu Sekretaris Dewan Pendidikan Edi Rohani, diikuti 70 perwakilan Komite SD/MI dan Komite SMP/MTs se-Kabupaten Wonosobo.

Dalam kesempatan tersebut, Komite Sekolah juga menyampaikan banyak guru yang lolos seleksi P3K tidak ditempatkan di sekolah asal. Kondisi tersebut membuat beberapa sekolah kekurangan guru karena penempatan guru P3K di sekolah lain.

Gali Informasi

blank
Komite Sekolah juga meminta penempatan guru P3K di sekolah asal. Foto : SB/Muharno Zarka

Ketua Dewan Pendidikan Wonosobo Dr Sri Haryanto, MPd mengatakan FGD digelar dalam rangka menggali informasi dan mengkaji persoalan yang ada di masing-masing sekolah.

“Hasil penggalian informasi dan persoalan di sekolah akan dijadikan sebagai bahan kajian bagi Dewan Pendidikan. Hasil kajian tersebut selanjutnya akan disampaikan pada Bupati, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) serta Komisi D DPRD Wonosobo,” ujarnya.

Menurut Haryanto, posisi Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah sama. Yakni sama-sama membantu, mensuport dan mengawasi penyelenggaraan pendidikan. Juga membantu peningkatan kualitas pendidikan di Wonosobo.

“Mari kita saling bersinergi dan berkolaborasi untuk sama-sama membantu peningkatan kualitas pendidikan. Dewan Pendidikan berperan di wilayah Kabupaten dan Komite Sekolah berperan di satuan pendidikan,” tegasnya.

Muharno Zarka