blank
Hari Bhakti ke-78 PUPR 2023, Relawan Bupati TNI Polri tanam aneka pohon pada daerah rawan longsor di wilayah Blora, Jawa Tengah. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Bertepatan dengan Hari Bhakti ke-78 Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) 2023 sekaligus untuk penanggulangan longsor di wilayah Blora, kali ini Dinas PUPR Kabupaten Blora, Dinas Lingkungan Hidup, TNI, Polri, dan para relawan, Bupati Blora, Dandim 0721/Blora serta jajaran terkait melaksanakan penanaman aneka pohon.

Sebelum melaksanakan penanaman aneka pohon, Bupati Blora memimpin apel bersama yang diikuti oleh jajaran Dinas PUPR, TNI, Polri, Dinas Lingkungan Hidup dan para relawan.

Adapun penanaman pohon tersebut dilakukan bersama-sama di Gang Jambu Kelurahan Mlangsen, Kecamatan Blora (Kompleks Tirtonadi) yakni lokasi bantaran sungai Grojogan. Rabu,  (6/12/2023).

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Ir. Samgautama Karnajaya, MT., menyampaikan bahwa kegiatan yang dihelat dalam rangka Hari Bakti ke-78 PUPR tahun 2023, kebetulan bersamaan dengan karya bakti TN-Polri di Blora.

“Kebetulan lokasinya sama, hanya bedanya kalau TNI-Polri bersih-bersih sungai di Grojoan, kita bersih-bersih sungai dan penanaman pohon, karena untuk menanggulangi supaya tidak longsor,” ujar Samgautama Karnajaya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., mengucapkan terima kasih kepada Dinas PUPR Blora atas sumbangsihnya selama ini.

“Saya ucapkan selamat hari bhakti ke-78 PUPR, semoga senantiasa mengabdi kepada negeri dan terimakasih selama ini turut perlahan mewujudkan keinginan masyarakat terhadap perbaikan infrastruktur,” ucap Bupati Blora.

Bupati Blora berkomitmen untuk terus meningkatkan sinergitas dengan TNI Polri berkaitan dengan infrastruktur di wilayah Blora.

“Tentunya kita akan terus meningkatkan sinergitas dengan TNI Polri. Terutama program TMMD dari TNI. Harapan dari masyarakat ini kan terkait dengan infrastruktur,” kata Bupati Blora.

Bupati Blora berharap  penanaman pohon kali ini bisa menjadikan tanah di pinggiran sungai menjadi produktif dan meminimalisir longsor.

“Saya minta dan mengimbau seluruh unsur elemen masyarakat untuk selalu bersinergi serta waspada terhadap bencana yang saat ini Blora sudah memasuki musim penghujan,” tandas Bupati Blora.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu, lokasi yang digunakan untuk apel dan penanaman pohon tersebut mengalami longsor, sehingga saat ini telah dibangun talud sepanjang lokasi yang sering longsor itu.

Selain penanaman aneka pohon, juga dilaksanakan peresmian tanggul yang berlokasi di gang jambu Kelurahan Mlangsen yang dulu selalu longsor juga. Kudnadi Saputro