blank
Prosesi pelantikan dan sumpah jabatan PPNS hingga notaris pengganti di Kanwil Kemenkumham Jateng. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 17 orang Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), 4 orang Notaris, 12 anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris, dan 3 orang Notaris pengganti, serta seorang pewarganegara dilantik dan diambil sumpah Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah Tejo Harwanto, Selasa (5/12/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kresna Basudewa Kanwil Kemenkumham Jateng, Tejo memberikan pesan-pesan kepada para peserta pelantikan. Kepada pewarganegara, ia berharap Chan Wan yang kini resmi sebagai WNI untuk patuh hukum, dan menjauhi perbuatan tercela.

Kepada PPNS, Tejo berharap untuk menggiatkan upaya membangun kesadaran hukum masyarakat. “Lakukanlah penegakan peraturan perundang-undangan yang menjadi kewenangan secara objektif dan berkeadilan,” ujar Tejo.

Bagi notaris yang baru maupun sebagai pengganti, ia menekankan mereka wajib berpedoman pada kode etik dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya berharap kepada yang telah dilantik baik sebagai notaris maupun sebagai Notaris Pengganti untuk bertindak dengan cermat dan teliti dalam membuat akta autentik sesuai dengan prosedur,” katanya.

Kepada Majelis Pengawas Notaris ia berpesan agar aktif melakukan pengawasan terhadap para notaris demi mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran pelaksanaan jabatan dan perilaku notaris.

Hadir dalam pelantikan, Kepala Divisi Administrasi Hajrianor, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Anggiat Ferdinan, saksi, serta pendamping peserta pelantikan.

Ning S