Puluhan pesepeda berkumpul di Tugu Aniem dalam kegiatan Rikde for Palestina' (Dok B2W)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Puluhan pesepeda berkumpul di Tugu Aniem Kota Magelang bersepeda bersama dalam kegiatan ‘Ride for Palestine;. Aksi ini diinisiasi oleh Bike to Work (B2W) Indonesia bekerja sama dengan Human Initiative.

Sebelum bersepeda keliling kota, pesepeda berdoa bersama untuk anak anak dan warga tidak bersalah yang menjadi korban perang di Palestina.

‘’Gerakan ini serentak dilaksanakan di kota – kota di Indonesia sebagai wujud solidaritas dan dukungan bagi Kemerdekaan Palestina. Dan pesepeda Kota Magelang turut mengambil peran sebagai wujud kepedulian pesepeda,’’ Kata Yoga, koordinator acara pagi tadi.
Selain di Magelang, kota-kota lain di Indonesia juga menyelenggarakan kegiatan serupa. Di antaranya Bandung, Semarang, Yogyakarta , Purwakarta, Sukabumi, Karawang, Sumedang, Mojokerto dan Banjarmasin.

Unsa Arifa, salah satu peserta menyambut baik kegiatan ini. Dia mengungkapkan bahwa, “Gerakan ini dapat menumbuhkan kepedulian atas krisis kemanusian yang tengah terjadi di Palestina”.

‘’Pesepeda di seluruh Indonesia percaya dan sadar bahwa, setiap orang memiliki hak untuk hidup dan kedamaian dan kemakmuran, terutama bagi masyarakat sipil . Di situ pula kami sadar harus perjuangkan hak yang sama bagi saudara kita di Palestina,’’ ujar Fahmi Saimima, Ketua B2W Indonesia dalam siaran persnya.

Bersepeda bersama demi solidaritas dan dukungan bagi Kemerdekaan Palestina diadakan mengingat, penderitaan yang tidak berkesudahan yang dialami warga Palestina akibat penjajahan dan penerapan sistem agregasi rasial oleh israel.

Penderitaan ini bertambah berat dalam 50 hari terakhir akibat pengebomam brutal oleh tentara Israel yang mengabaikan hukum internasional, sebuah kesewenang wenangan mengarah ke genosida terhadap Gaza.

Lebih dari 14.500 orang tewas sejauh ini. Hampir setengahnya adalah balita dan anak anak, jutaan orang terpaksa mengungsi.

Doddy Ardjono