blank
KH. Sholahudin Muhsin, Saefudin M. Pd, beserta KH. Roshif Arwani.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Terobosan baru dilakukan oleh PC Aswaja NU Center Jepara. Dengan menggandeng Pusat Studi Aswaja (PSA) Unisnu Jepara, lembaga yang fokus sebagai benteng dalam menyebarkan paham Ahlussunnah wal jamaah ini menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) saat acara opening ceremony Sekolah Metodologi Riset Aswaja, Minggu (3/12/2023) di Gedung Diklat KKMA 02, Jepara.

Dalam kesempatan itu, Ketua PC Aswaja NU center Jepara, KH. Sholahudin Muhsin,  mengatakan, bahwa MoU ini dilaksanakan untuk membuka jaringan dengan Perguruan Tinggi NU.

“Kami berharap MoU ini akan dilaksanakan dalam kegiatan-kegiatan kolaboratif yang lain”, ujar Gus Sholah sapaan akrabnya.

Sementara itu, Katib Syuriyyah PCNU KH. Nasrullah Huda, dalam sambutannya, memberikan apresiasi kepada pengurus dan aktivis Aswaja NU Center Jepara.

“Kegiatan riset ini menjadi keniscayaan karena untuk membuka kembali cakrawala dan pandangan kita tentang Ahlussunnah Wal Jamaáh yang selama ini kita anut”, kata Gus Huda.

Seperti diketahui, Sekolah Aswaja ini adalah tindak lanjut dari kegiatan termin pertama yakni “Membumikan Aswaja NU di Madrasah-Madrasah NU” yang diikuti oleh guru-guru Ke-NU-an madrasah KKMA 02 Maárif NU Jepara.

Dalam sesi pertama, materi Sekolah Aswaja diisi oleh DR. KH. Nur Khoiri, dari UIN Walisongo Semarang. Kiai Nur Khoiri memberikan penjelasan yang gambling tentang MPA (Metode Penelitian Aswaja). “Yang paling penting sebelum bapak dan ibu melakukan penelitian, bapak dan ibu harus menguasai conent dulu”, terang Kiai Nur Khoiri.

Sementara di sesi kedua, Saefudin M. Pd dari Pusat studi Aswaja Unisnu Jepara Memaparkan tentang penulisan artikel riset Aswaja yang bisa tembus jurnal-jurnal bereputasi di berbagai perguruan tinggi. Dengan mengambil contoh JASNA (Journal for Aswaja Studies).

Sekolah riset ditutup oleh KH. Sholahuddin Muhsin dengan brainstorming dan follow up setelah kegiatan, dan para peserta sepakat membuat Lingkar Penulis dan Periset Aswaja. Dimana salah satu misinya adalah untuk menulis dan membuat penelitian studi Aswaja.

ua