Kapolresta Magelang Kombes Ruruh Wicaksono melepas peserta Fun Run Borobudur Marathon, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Hampir dua ribu warga Borobudur dan sekitarnya ikut Fun Run Borobudur Marathon di seputar Candi Pawon, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, hari ini (Minggu 3/12/23). Pesertanya campuran, anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua.

Kapolresta Magelang Kombes Ruruh Wicaksono melepas peserta sekitar pukul 06.15. Ada peserta yang berjalan kaki dan ada pula yang berlari. Peserta yang berlari paling depan, masuk garis finish sekitar pukul 06.31.

Kapolresta ketika ditemui usai melepas peserta mengatakan, Fun Run (lari senang) itu merupakan rangkaian Borobudur Marathon yang dilaksanakan pada Minggu (19/11/23). Ketika itu masyarakat Borobudur dan sekitarnya menjadi tuan rumah. Kini giliran warga setempat yang diberi kesempatan untuk mengikuti Fun Run.

Disebutkan, kalau pada saat Borobudur Marathon warga setempat yang mau ikut lomba harus mendaftar sesuai ketentuan pelari lainnya. Kali ini bukan full lari tetapi lebih condong ke bersenang-senang. “Ini baguslah,” katanya.

Peserta wanita Fun Run yang masuk finish pertama kali. Foto: eko

Budhi Sarwiadi Vice GM Event Harian Kompas mengatakan, Borobudur Marathon tahun depan ditargetkan akan lebih meriah. Tahun ini ada evaluasi kecil tentang masalah perparkiran. Yakni dirasa perlu ada kantung-kantung parkir.

Tahun depan akan lebih banyak melibatkan warga untuk mengelola kantung-kantung parkir. Sehingga bisa terwujud rute yang steril. “Masyarakat bisa membantu lewat kantung-kantung parkir,” katanya.

Tentang faktor cuaca yang relatif panas saat pelaksanaan Borobudur Marathon, sudah diberitahukan ke pelari. Panitia lebih memikirkan faktor keselamatan pelari. Ketika itu lari maraton dihentikan sekitar pukul 10.30.

Sementara itu tentang Fun Run hari ini rutenya sekitar 2,9 kilometer (km). Pesertanya variatif, ada yang anak-anak sekolah, sampai orang tua. Menurut dia, sekitar 3 kilometer itu jarak yang relatif bisa ditempuh. “Total pesertanya 1.900 orang,” jelasnya.

Peserta kegiatan hari ini mendapat kupon yang bisa ditukar makanan dan minuman. Usai menyelesaikan Fun Run, pembawa kupon bisa menukar aneka makanan dan minuman yang sudah disiapkan di jalan masuk menuju Candi Pawon. Penyedia makanan dan minuman merupakan pedagang binaan dari Bank Jateng.

Eko Priyono