Siti Atikoh selaku Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah, menerima penghargaan sebagai Tim Tergiat, dalam acara pembukaan Munas XI Gerakan Pramuka 2023 di Aceh, Sabtu (2/12/2023). Foto: tmgp

ACEH (SUARABARU.ID)– Siti Atikoh Supriyanti berharap, predikat Tergiat yang didapatkan Kwartir Daerah Jawa Tengah, dalam Munas XI Gerakan Pramuka 2023 di Aceh, Sabtu (2/12/2023), bisa menjadi motivasi anak-anak muda masa kini.

Menurut dia, dengan gelar yang didapatkannya ini, akan lebih banyak lagi anak muda yang tertarik, untuk ikut dalam kegiatan kepramukaan.

Hal itu seperti yang disampaikan Atikoh, yang menjabat sebagai Ketua Kwarda Jateng, usai menghadiri pembukaan Munas XI Gerakan Pramuka 2023.

BACA JUGA: Semen Gresik Borong 5 Penghargaan di Ajang TKMPN, Raih Predikat Tertinggi Diamond 

”Kami mendapat penghargaan kedua untuk regional Jawa (Regional 2 Jawa, Bali, Nusa Tenggara),” kata Atikoh, yang juga istri Calon Presiden RI 2024, Ganjar Pranowo ini.

Prestasi ini harus disikapi dengan baik, dan bisa menjadi motivasi untuk terus memberikan yang terbaik. Terutama kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat.

Atikoh menegaskan, berkegiatan dalam Pramuka khususnya di Jateng, tidak dengan target atau tujuan untuk meraih posisi tertentu.

BACA JUGA: Ceria dan Muram “Iblis Kecil” Penerus Messi

Seorang anggota Pramuka anak-anak, meminta untuk bisa bersalaman dengan Siti Atikoh. Foto: tmgp

”Kita dalam berkegiatan bukan untuk mencari posisi sebagai yang tergiat. Tetapi ini sebagai motivasi, agar kita semakin bersemangat, dan membentuk karakter untuk anak didik, selain meningkatkan kerja sama,” ujarnya.

Atikoh pun sepakat dengan Menpora RI, Dito Ariotedjo, saat memberikan sambutan mewakili Presiden Joko Widodo, pada pembukaan acara itu.

Disampaikan Dito, eksistensi Pramuka harus dibarengi dengan membuka ruang sebebas-bebasnya bagi anak muda. Kakak-kakak atau senior, tak boleh membatasi dengan pola pikir lama.

BACA JUGA: Personel PPS Harus Sehat, Tugas Pemilu Cukup Berat

”Bagaimana kita bisa menarik generasi muda untuk beraktivitas di Pramuka. Karena dengan itu, pendidikan karakter, nasionalisme, kecakapan hidup itu bisa diberikan,” tandasnya.

Usai acara, Atikoh pun kembali jadi pusat perhatian. Tak hanya kakak-kakak pembina, adik-adik Pramuka Aceh pun antusias untuk sekadar menyapa Atikoh. Dia pun tak sungkan meladeni tiap permintaan foto. Tak jarang Atikoh juga menyapa pengurus dari Kwarda daerah lain.

Sebagai informasi, kegiatan Munas XI Gerakan Pramuka 2023 di Aceh berlangsung selama empat hari, sejak Jumat-Senin (1-4/12/2023).

Salah satu agenda Munas adalah, pemilihan Ka Kwarnas Periode 2023-2028, untuk menggantikan Kak Budi Waseso, yang telah berakhir masa baktinya selama lima tahun.

Riyan