blank
Atlet peraih mendali emas dalam ajang Poprov Jateng mendapat hadiah di acara penutupan Porkab Wonosobo 2023. Foto : SB/dok Prokompim

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sekda Wonosobo One Andang Wardoyo mengatakan bibit-bibit berprestasi tentunya sangat penting dalam dunia olahraga, demikian pula dengan atlet-atlet potensial perlunya diasah dan dipertajam kemampuannya.

“Pembinaan bibit unggul atlet generasi muda menjadi persiapan penting untuk menyiapkan penerus bangsa di bidang olahraga yang berprestasi. Porkab Wonosobo menjadi ajang untuk melahirkan atlet terbaik,” serunya.

Hal tersebut ditegaskan One Andang Wardoyo saat penutupan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) tahun 2023 Wonosobo, di Alun-Alun setempat. Porkab diikuti 15 kontingen yang mewakili setiap Kacamatan yang ada di daerah ini.

Selain itu, kata Andang, generasi unggul di bidang olahraga dari Wonosobo mampu mengharumkan nama daerah, yang dibuktikan dengan diraihnya prestasi di tingkat provinsi, nasional dan bahkan internasional.

Melalui sinergi, semangat, dan antusiasme yang luar biasa dari masyarakat dalam mensukseskan pelaksanaan event ini maka semua pertandingan cabang olahraga berjalan meriah.

Sekda berpesan kepada KONI Wonosobo, Tim Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK), untuk terus menjalin koordinasi dan kolaborasi dengan OPD terkait dan pemerintah kecamatan, guna membina potensi atlet-atlet yang sudah ada, dan terus menjaring bibit-bibit berprestasi hingga wilayah Desa/Kelurahan.

Porkab, lanjutnya, bisa menjadi bentuk penghargaan kepada olahraga prestasi di Wonosobo. Sekaligus komitmen Pemkab bersama KONI setempat dalam mewujudkan masa depan olahraga menjadi yang terbaik.

Hasil Porkab

blank
Suasana penutupan Porkab Wonosobo tahun 2023 di Alun-Alun setempat. Foto : SB/dok Prokompim

“Kepada atlet yang menang jangan berpuas hati, tetap bersyukur dan berlatih. Dan kepada atlet yang belum berprestasi agar tetap semangat agar kedepannya mendapatkan juara,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KONI Wonosobo Khozin, mengapresiasi atas perhatian pemerintah dan Forkopimda yang telah memberikan dukungan atas terselenggaranya Porkab tahun 2023.

Berbagai rangkaian kegiatan Porkab Wonosobo tahun 2023, yang dilaksanakan 12 hingga 19 November 2023 lalu berjalan sukses.

Dari 12 cabang dengan 58 nomor pertandingan disambut antusiasme oleh masyarakat Wonosobo sehingga kegiatan berjalan tertib dan lancar.

Berdasarkan perolehan medali, terbanyak diraih Kecamatan Wonosobo dengan memperoleh 16 emas, 10 Perak dan 13 Perunggu atau mendapat 39 medali.

Selanjutnya peringkat kedua diraih Kecamatan Kertek dengan 9 emas, 6 Perak dan 8 Perunggu, atau total 23 medali.

“Peringkat Ketiga diraih Kecamatan Selomerto dengan 7 emas, 7 Perak dan 7 Perunggu atau 21 medali,” pungkas Khozin.

Muharno Zarka