blank

Mahasiswa Prodi S1Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Fakultas Teknik Unissula melakukan joint studio dengan mahasiswa Kulliyyah of Architecture and Environment Design (KAED)  International Islamic University of Malaysia (IIUM).

Kegiatan yang melibatkan Sembilan mahasiswa PWK Unissula dan Sembilan mahasiswa KAED IIUM tersebut berlangsung (6-14/11/2023).  Mereka mengambil studi kasus di Kawasan Sungai Lembing yang berada di Distrik Kuantan Pahang Malaysia. Lokasi ini adalah Kawasan pertambangan yang saat ini sudah tidak berfungsi sehingga akan dilakukan revitalisasi untuk meningkatkan nilai Kawasan menjadi kegiatan wisata.

Wakil Dekan I Fakultas Teknik Unissula Dr Abdul Rochim ST MT menyatakan kerjasama antar dua institusi telah lama. Adapun beberapa rencana lanjutan kedepannya antara lain mengikuti konferensi bersama dan joint publication pada World Urban Forum terkait masalah-masalah perkotaan yang akan diadakan di Mesir November 2024.

Selain itu menjadi penyelenggara bersama seminar international khusus masalah perkotaan dan infrastruktur yang rencananya akan dilaksanakan pada awal tahun 2025. Pertukaran dosen dalam beberapa seminar dan diskusi. Kunjungan studi antar mahasiswa di Indonesia – Malaysia, dalam rangka memperkaya wawasan perencanaan perkotaan di daerah tropis. Rencana Prodi Teknik Sipil untuk menjalin Kerjasama dengan Kulliyyah of Engineering (KOE).