Wali Kota Ita menyerahkan  177 motor baru tipe Honda Vario 160 kepada seluruh lurah se-Kota Semarang saat upacara peringatan Hari Korpri ke-52 di Lapangan Simpanglima Semarang, Rabu (29/11/2023) sore. Foto: HP

SEMARANG (SUARABARU) – Sebanyak 177 lurah yang ada di Kota Semarang mendapatkan inventaris kendaraan baru berupa Motor Honda Vario 160.

Inventaris kendaraan tersebut diserahkan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, bertepatan saat upacara peringatan Hari Korpri ke-52 di Lapangan Simpanglima Semarang, Rabu (29/11/2023) sore.

Wali kota mengatakan, pemberian inventaris motor baru bagi para lurah bertujuan untuk menunjang kinerja para lurah agar lebih maksimal melayani masyarakat, khususnya di wilayah-wilayah yang susah dijangkau kendaraan besar.

“Memang lurah ini sudah lama motornya bobrok. Beberapa waktu lalu camat dapat inventaris kendaraan. Kemarin, ada anggaran APBD longgar, sehingga kami memberikan kendaraan bermotor agar mereka pada tahun 2024 nanti bekerja semakin baik, semakin rajin turun ke wilayah,” katanya.

Dengan kendaraan baru ini wali kota berharap lurah-lurah tersebut bisa melakukan mobilisasi ke pelosok wilayah, memantau wilayah, dan melayani masyarakat dengan maksimal.

“Kami harap dengan pemberian fasilitas kendaraan ini bisa meningkatkan mobilitas seluruh lurah agar lebih giat turun ke masyarakat,” katanya.

Ia menyebut, pascapelantikan dan keterisian posisi atau jabatan 177 lurah, dirinya menganggarkan Rp 8 miliar untuk pembelian kendaraan motor baru.

“Sebanyak 177 lurah dapat semua, total anggaran Rp 8 miliar untuk pengadaan inventaris kendaraan ini,” jelasnya.

Mbak Ita berpesan, agar para lurah nantinya melakukan pemeliharaan kendaraan barunya.  “Harapannya bisa dilakukan pemeliharaan, dan digunakan sebaik mungkin untuk menunjang pekerjaan melayani masyarakat. Yen rak diopeni saya sanksi,  sanksinya dipindah,” katanya.

Dwi Sulistiyono, Lurah Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Semarang yang telah memberikan apresiasinya dengan memberikan kendaraan inventaris bagi para lurah.

“Luar biasa senang sekali. Ini apresiasi dari ibu Wali Kota atas kinerja para lurah di Kota Semarang. Kami pun akan memaksimalkan fasilitas ini untuk melayani masyarakat,” katanya.

Sebelumnya, kendaraan dinas yang ia gunakan yakni motor Honda Revo keluaran tahun 2014.  “Kami akan kembalikan kendaraan itu ke kecamatan atau ke bagian aset. Karena sekarang sudah dapat motor baru. Terima kasih kepada ibu Wali Kota. Motor ini bisa menunjang pekerjaan, karena kita butuh akomodasi untuk terjun ke lapangan, hadir ke masyarakat, dan menunjang pekerjaan tentunya,” katanya.

Hery Priyono