Upacara peringatan HUT Ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tahun 2023 digelar di Halaman Pendapa Kabupaten Pacitan, ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayi Aji, minta, agar semua Aparat Sipil Negara (ASN) harus menjadi pelopor semangat persatuan di tengah ke- bhineka- an

Orang nomor satu di Kabupaten Pacitan, Jatim, tersebut, Rabu (29/11), menyampaikan permintaannya saat tampil menjadi inspektur upacara peringatan HUT Ke-52 Korpri yang dirangkaikan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59, Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023, dan peringatan Hari Dharma Wanita Ke-24. Upacara digelar di halaman Pendapa Kabupaten Pacitan.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, upacara diikuti oleh para anggota Korpri di lingkup Pemkab Pacitan, pengurus dan anggota Dharma Wanita, bersama para insan pendidik dan tenaga kesehatan.

Ikut hadir Wakil Bupati (Wabup) Pacitan, Gagarin bersama jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah (Sekda) bersama para Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati. Juga hadir para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Pacitan.

Dalam sambutannya, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, mengatakan, di usia 52 tahun, Korpri menjadi wadah yang kuat dan bersinergi demi pembangunan nasional.

Anggota Korpri, tambah Bupati, harus lebih bersemangat dalam bekerja dan berkontribusi melayani kepentingan publik, dan mewujudkan fungsinya sebagai perekat persatuan bangsa guna menyukseskan pembangunan.

Satya Lencana

”ASN harus menjadi pelopor semangat persatuan di tengah ke-Bhineka-an, dengan tetap mengedepankan nilai-nilai nasionalisme dan profesionalisme dalam tugas maupun tanggung jawab yang diberikan,” tegas Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan).

Dalam kesempatan tersebut, Mas Aji, juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada tenaga medis, tenaga kesehatan, serta tenaga pendukung kesehatan lainnya, atas sumbangsih layanan kesehatan yang diberikan. Demikian pula untuk para guru-guru yang selalu belajar, berbagi, dan berkolaborasi dengan semangat merdeka belajar.

Usai upacara bendera peringatan HUT Ke-78 Korpri, dilanjutkan dengan acara resepsi. Dalam kesempatan itu, diserahkan hasil kejuaraan dan sejumlah penghargaan. Diantaranya tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden, kepada sejumlah PNS sesuai dengan masa pengabdian yang dilakukan tanpa cela

Bupati juga menyerahkan penghargaan bidang kesehatan, pertanian dan pendidikan, serta hadiah untuk peraih juara lomba video OPD dan pleton upacara terbaik.

Diserahkan pula bantuan 1 set alat ukur GPS Geodetik CHC 1.50. dan unit printer dari Pemkab Pacitan kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan.
Bambang Pur