blank
SIMULASI - Ratusan santri ikuti simulasi manasik haji. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Ratusan santri Pondok Pesantren Muassasah Hidayatul Mubtadi-ien (MHM) Kota Tegal mengikuti simulasi manasik haji.

Pimpinan Muassasah Hidayatul Mubtadi-ien Abdul Azis mengatakan kegiatan simulasi manasik haji diikuti sekira 500 santri. Rute yang dilewati adalah Ponpes MHM – Jalan KS Tubun – Jalan Puter – Jalan Sultan Agung – Masjid Assalafiyah – Jalan Srigunting – Masjid Al Busyro – Jalan Sriti-dan Finish PP MHM. “Setidaknya ada 500 santri yang mengikuti simulasi manasik haji. Rutenya, sekitar pondok pesantren,” katanya.

Menurut Abdul Azis, ada beberapa tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut. Di antaranya, sebagai pembelajaran praktek ubudiyah santri tentang Haji dan event kebersamaan serta kekeluargaan antar lembaga. “Selanjutnya, mensyiarkan kepada masyarakat pentingnya pendidikan agama pada anak anak. Serta mempublikasikan lembaga agama MHM di wilayah Randugunting,”ujarnya.

Abdul Azis menambahkan, kegiatan yang pihaknya lakukan bukan kali ini saja. Namun, ada beberapa event yang sudah pernah dilakukan. “Bukan hanya simulasi manasik haji saja yang kita lakukan. Tetapi juga, ada kegiatan lainnya, seperti Maulid Nabi, Isra Mi’raj, khitanan massal dan lainnya,” pungkasnya.

Sutrisno