blank
Sunarto, seorang warga berinisiatif memotong besi kerangka lantai jembatan Getasrejo yang mencuat membahayakan pengguna jalan. Foto: Stiadi.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Jembatan Getasrejo di sebelah barat SPBU Getas, Grobogan mengalami kerusakan cukup parah. Pengguna jalan lingkar di  Kecamatan Brati, Grobogan harus ekstrahati-hati bila lewat jembatan tersebut.

Kerusakan sangat nyata dan membahayakan pengguna, karena ada besi mencuat di lantai jembatan.

Adalah Sunarto, seorang warga di sekitar jembatan berinisiatif memotong besi kerangka yang mencuat tersebut, Selasa 28 November 2023. Dia berusaha memotong besi dengan gergaji biasa (manual).

“Kalau menggunakan gergaji listrik harus menarik kabel yang cukup panjang untuk mengalirkan listrik dari rumah terdekat. Untunglah pemilik rumah dekat jembatan mengizinkan untuk menyambung kabel,” ujar Sunarto.

Akhirnya Sunarto memotong besi yang mencuat itu menggunakan gergaji listrik.

Saat pemotongan besi kerangka, sempat terjadi antrean kendaraan. Di lokasi kerusakan diberi tanda agar pengguna jalan mengetahui adanya kerusakan lantai jembatan Getasrejo dan berhati-hati.

Mengenai kerusakan lantai jembatan menurut Ketua RT O2 Getasrejo, Sukarmin sudah lama, namun perbaikan yang dilakukan tidak maksimal. Hanya diuruk atau ditimbun, sehingga rusak lagi.

Pekerjaan sudah dilakukan sejak Januari 2024. “Kalau bisa perbaikannya maksimal. Lhah ditimbun tok akhirnya besi kerangka mencuat sehingga membahayakan pengguna jalan,” ujar Sukarmin di lokasi.

Warga lainnya yang rumahnya dekat jembatan Tipah juga menjelaskan, bahwa kerusakan lantai jembatan Getasrejo sudah sering terjadi, namun perbaikannya hanya tambal sehingga rusak lagi.

“Sudah lama itu kerusakannya, jalannya sudah halus tapi lantai jembatannya rusak dan membahayakan karena besinya keluar. Ya semoga segera diperbaiki,” ujarnya

Subkoordinator Wilayah II Balai Pengelolaan Jalan (BPJ) Wilayah Purwodadi, Umar mengatakan dijadwalkan pada Januari 2024 ada penggantian lantai jembatan Getasrejo yang saat ini mulai rusak.

“Anggarannya sekitar Rp2 miliar untuk perbaikan lantai termasuk komponen lain, juga pengencangan baut,” kata Umar didampingi Sub Koordinator 1 BPJ Wilayah Purwodadi Wimas Radit Sumbodo, Selasa 28 November 2023.

Saat pelaksanaan pengerjaan perbaikan lantai jembatan, jalan lingkar Menduran akan ditutup sehingga akan terjadi pengalihan arus lalu lintas ke dalam Kota Purwodadi. Menurut Umar, akan berkoordinasi dengan pihak terkait.

Tya Wiedya