Lestari Moerdijat. Foto: fn

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pengembangan sektor pariwisata melalui peningkatan kualitas Sumber Saya Manusia (SDM), merupakan langkah strategis yang harus terus diperluas di seluruh Nusantara.

”Peningkatan keterampilan dan kualitas SDM, menjadi salah satu kunci dalam pengembangan sektor pariwisata Nasional,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/11/2023).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, saat ini sedang menginisiasi Kampanye Sadar Wisata 5.0, yang difokuskan untuk mengembangkan SDM, khususnya bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

BACA JUGA: Tentara Memberikan Pelatihan Tentang Penanggulangan Bencana

Kampanye itu terkait pengembangan desa wisata, yang menjadi salah satu langkah utama dalam memajukan pariwisata berbasis masyarakat.

Saat ini berdasarkan catatan Kemenparekraf, ada 4,674 desa wisata di Indonesia. Jumlah itu bertambah 36,7 persen, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni 3.419 desa wisata.

Menurut Lestari, langkah pengembangan SDM sektor pariwisata harus mendapatkan dukungan dari semua pihak, baik di tingkat pusat maupun daerah.

BACA JUGA: Tim Sub Direktorat Administrasi Sambangi Lapas Semarang Lakukan Uji Petik Pengusulan Perubahan Pidana

Apalagi, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, upaya itu juga terkait dengan pengembangan desa tempat tinggal mereka. Sehingga dukungan para pemangku kepentingan di daerah sangat diharapkan.

Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu berharap, Kampanye Sadar Wisata 5.0 dapat mencakup masyarakat yang lebih luas lagi, sehingga semakin banyak orang yang memiliki pengetahuan terkait pariwisata.

Kekuatan budaya dan kearifan lokal di setiap daerah, ujar anggota Mejelis Tinggi Partai Nasdem itu, juga harus mendapat perhatian untuk diperkenalkan sebagai bagian dari kekayaan budaya bangsa.

BACA JUGA: Indonesia Punya Sumber Daya Hebat di Merauke

Rerie sangat berharap, Kampanye Sadar Wisata 5.0 dapat melahirkan SDM pariwisata yang kreatif. Selain itu, akan mampu mewujudkan pusat pengembangan budaya dan pertumbuhan pariwisata yang berkelanjutan, di daerah masing-masing.

”Dengan langkah itu, upaya menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu tulang punggung perekonomian Nasional, merupakan sebuah keniscayaan,” tukas Rerie.

Riyan