blank
Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana berfoto bersama 12 pemenang utama Lomba Jurnalistik Pemprov Jateng 2023, di Kantor Gubernur Jateng, Selasa 28 November 2023. Foto: Pemprov Jatenng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Wartawan suarabaru.id, Diaz Azminatul Abidin menjadi juara pertama lomba jurnalistik bertema “Optimalisasi Embung/Bendungan Menghadapi Musim Kemarau di Jateng” yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah 2023.

Setelah dilakukan penilaian oleh juri maka diperoleh 12 pemenang utama juara satu. Daftar 12 pemenang juara pertama lomba jurnalistik yang akan diberangkatkan ke China.

Selain wartawan suarabaru.id Diaz Asminatul Abidin, pemenang lain untuk kategori wartawan tulis Wahyu Prakoso (Solopos) dan Shodiqin (jatengnews.id).

Penjabat atau Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menemui 12 pemenang utama atau juara pertama lomba jurnalistik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) 2023, di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa, 28 November 2023.

Nana Sudjana menyebutkan ajang itu menjadi sebagai kesempatan untuk wartawan dalam mengasah kemampuan atau skill.

blank
Diaz Asminatul Abidin, wartawan suarabaru.id, peraih hadiah juara I lomba jurnalistik Pemprov Jateng untuk tema ““Optimalisasi Embung/Bendungan Menghadapi Musim Kemarau di Jateng” .

Hal tersebut juga jadi salah satu apresiasi untuk menjalin sinergitas awak media dan pemerintah dalam menyelenggarakan program-program baik pembangunan fisik dan sumber daya manusia (SDM).

Dia mengatakan bila pemerintah dan media untuk bisa sama-sama memberikan pelayanan kepada publik sesuai dengan perannya masing-masing.

“Masing-masing dari kita saling menguntungkan. Artinya media butuh berita dan kita pun butuh diberitakan, terutama terkait masalah kinerja dari Pemprov Jateng dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat dan untuk menyejahterakan masyarakat,” kata Nana Sudjana dalam penyerahan hadiah Lomba Jurnalistik Wartawan se-Jawa Tengah Tahun 2023 tersebut.

Simbiosis Mutualisme

Dia melanjutkan, lomba tersebut digelar sebagai bentuk sialturahmi serta mempererat komunikasi dan sinergitas Pemprov Jateng dengan rekan-rekan media atau jurnalis.

Ia mengibaratkan, hubungan Pemprov Jateng dengan media massa merupakan simbiosis mutualisme di mana keduanya saling menguntungkan.

Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu mewujudkan pelayanan masyarakat yang baik dan menyejahterakan masyarakat.

Nana mengatakan, lomba jurnalistik wartawan se-Jawa Tengah itu sudah digelar beberapa kali melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah.

Dalam lomba jurnalistik 2023 ini, ada empat kategori yang dilombakan, mulai dari kategori wartawan tulis, televisi, radio, dan foto.

Masing-masing kategori mengikuti tiga tema lomba, yaitu Gotong Royong Tekan Stunting di Jateng, Optimalisasi Embung/ Bendungan Menghadapi Musim Kemarau di Jateng, dan Para Pelaku UMKM yang Kini Naik Kelas Usai Dibantu Pemprov.

Lomba jurnalistik tersebut menjaring yang terbaik dari 237 karya yang dikumpulkan.

Kategori wartawan televisi: Restu Indah Wahyuni (TVKU Semarang), Putut Anom Karangjati (Metro TV), dan Muhammad Nur Rohman (SEA Today).

Kategori Wartawan Radio: Roshia Martiningrum (RRI Semarang), Aries Budi Susanto (Idola FM), dan Ustad Mukorobin (RRI Purwokerto).

Kategori Wartawan Foto: Simon Dodit Yogo Pitoyo (Suara Merdeka), Yusuf Nugroho (LKBN Antara), dan Wenes Furqon Sihardian (getty images/ nurfoto.com).

Selanjutnya juga terdapat juara lain, mulai dari juara 2, juara 3, harapan 1, harapan 2, dan harapan 3, tentunya dari 4 kategori dengan mengulas 3 tema yamg dilombakan.

Diaz