Peserta coaching clinic Inkai Kota Semarang, dengan formasi lengkap bersama koordinator Gurun Risyad Moko. Foto: spr

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sekitar 1.300 karateka sabuk hitam yang tergabung dalam Institut Karate Do Indonesia (Inkai) dari Jawa Tengah dan DIY, mengikuti coaching clinic, yang digelar di Universitas Negeri Yogjakarta (UNY), Minggu
(26/11/2023).

Selama mengikuti kegiatan ini, para karateka mendapatkan ilmu gerak dasar karate, dari instruktur asal Jepang, antara lain Grand Master atau Sihang Kawada Minoru, Masahiko Tanaka dan Yuko Takahashi.

Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Inkai, Erick Machrup, ketika membuka kegiatan ini menyatakan, pihaknya bersyukur, ribuan karateka dari Jateng dan DIY mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari tokoh karateka asal negeri matahari terbit. Dia berharap, ajang ini dapat meningkatkan kemampuan para karateka, menjadi lebih baik lagi.

BACA JUGA: Waspadai Ancaman Radikalisme di Kampus, Rektor USM Berbagi Wawasan di Podcast BNPT

1.300 karateka Inkai Jateng-DIY, saat melakukan peragaan gerakan karateka dalam coaching clinic, yang diselenggarakan PP Inkai dan Japan Traditional Karate Association, di UNY Yogyakarta. Foto: spr

”Saya berharap, para karateka dapat menyerap ilmu dasar karate dari tokoh karate asal Jepang secara baik dan benar. Dengan harapan, ilmu yang didapat ini nantinya dapat meningkatkan kemampuannya, baik secara fisik maupun teknik,” tutur Erick.

Sementara itu, panitia penyelenggata coaching clinic, Sensei Ardiansyah menyatakan, kegiatan ini digelar dengan tujuan, untuk membimbing atau melatih secara singkat melalui pelatihan bersama, guna penguasaan ilmu pengetahuan, kecakapan dan ketrampilan gerakan dasar karate atau khihon.

”Kami ingin para karateka yang ada di Jateng dan DIY ini, lebih terampil dan paham dengan gerakan yang betul, usai mereka mendapatkan coaching clinic. Apalagi yang memberikan adalah master karateka asal Jepang, yang telah teruji kemampuannya,” imbuh Ardiansyah.

BACA JUGA: Kuliah Legal Drafting Peduli Perda Pesantren Jepara, Mahasiswa IAIN Kudus Gelar Audiensi dengan DPRD

Menurutnya, road show ini dimulai dari Jakarta, yang ditandai dengan perjanjian atas naskah kerja sama (MoU), antara organisasi Japan Traditional Karate Association dengan PP Inkai, pada Jumat (24/11/2023) lalu.

Kegiatan yang sama selanjutnya akan digelar di Surabaya, Rabu (29/11/2023), dan terakhir diselenggarakan di Bali, Minggu (3/12/2023) mendatang.

Pada kesempatan yang sama, salah seorang peserta asal Kota Semarang, Sensei Gurun Risyad Moko menyampaikan, kegiatan ini merupakan suatu kehormatan bagi para atlet Inkai. Sebab, para atlet karateka mendapatkan pelajaran berharga dari Shihang asal Jepang dengan tiga makna, yakni sikap, santai (relaks) dan benar.

Sigit PR