Para pemenang lomba baca geguritan SMP Negeri 1 Mlonggo

JEPARA (SUARABARU.ID) – Peringatan Hari Guru Nasional setiap tanggal 25 November   dimaksudkan untuk memberikan penghormatan pada guru dan mengapresiasi peran guru dalam pengembangan pendidikan. Berbagai cara dilakukan sebagai ungkapan terima kasih kepada guru. Dimulai dari pemberian ucapan selamat, pemberian buket bunga dan juga hadiah kepada bapak ibu guru tercinta.

Di SMP Negeri 1 Mlonggo,  perayaan Hari Guru Nasional Tahun 2023 dilakukan dengan menyelenggarakan upacara, lomba membaca geguritan dan doa bersama. Upacara dilakukan dengan khidmat. Petugas upacaranya adalah guru dan tenaga kependidikan. Setelah itu dilanjutkan lomba membaca geguritan bertema pendidikan yang telah disiapkan oleh panitia beberapa hari sebelumnya.

“Lomba geguritan ini sangat sesuai dengan murid. Selain tidak membebani siswa, melalui lomba ini kita juga mengenalkan kembali Budaya Jawa ke anak. Banyak anak sekarang ini tidak tahu cara membaca geguritan. Dan di sini tema yang diambil juga sesuai, yaitu membaca geguritan bertema pendidikan”, jelas Dwi Rumei, S. Pd, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan sekaligus dewan juri dalam lomba ini.

Salah satu peserta lomba geguritan SMPN 1 Mlonggo

Lomba membaca geguritan kali ini diikuti oleh 27 murid perwakilan masing-masing kelas. Peserta mendapat waktu yang cukup untuk berlatih. Peserta berhak memilih satu dari empat judul geguritan yang disediakan yaitu Dadi Wong, Sekolah, Guru dan Nggelar Ati. Semua geguritan itu bertemakan pendidikan.

Lomba yang digelar di panggung aula terbuka SMP Negeri 1 Mlonggo ini berjalan dengan  meriah. Kiki Eva Fitriyanti, S. Pd, Nur Aini, S. Pd dan Dwi Rumei, S. Pd selaku dewan juri begitu menikmati geguritan yang disajikan peserta. Mereka tampil maksimal dalam membawakan geguritan pilihan hati mereka. Murid yang lain melihat teman-temannya di teras kelas dan samping aula terbuka. Riuh tepuk tangan memenuhi aula sebagai bentuk apresiasi atas tampilan yang disajikan para peserta.

Setelah melalui proses penilaian dari tiga dewan juri, diperoleh hasilnya Ezra Luise Laetisya kelas 7A sebagai juara 1, Keyza kelas 9C sebagai juara 2, Amellia Indah Rosanti kelas 9B sebagai juara 3, Feby Aulia Eka Jastin Prayuga kelas 7E sebagai juara harapan 1, Yossi Shafira Indrasti kelas 8I sebagai juara harapan 2 dan Arini Maulidiya Putri dari kelas 9F sebagai juara harapan 3. Setiap juara mendapat hadiah seperangkat alat tulis yang dibungkus tas kain. Hal ini sesuai dengan semangat SMP Negeri 1 Mlonggo untuk mengurangi sampah plastik.

“Saya sangat senang mengikuti lomba kali ini. Saya mendapat banyak pengalaman dan teman yang luar biasa”, ungkap Ezra Luise Laetisya usai penyerahan hadiah.

Inti dari peringatan hari guru nasional adalah pemberian penghormatan kepada guru-guru yang telah mendidik dan mengajar anak bangsa. Penghormatan tidaklah harus berupa pemberian materi. Melihat murid tumbuh menjadi insan yang beradab, berilmu dan berguna di masa depan adalah kado terindah untuk seorang guru.

Hadepe –  Istifaiyah, Guru SMP Negeri 1 Mlonggo