JEPARA(SUARABARU.ID) – Marching Band (MB) Caraka Bahana Sisya (CBS) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Jepara menyajikan spesial perform dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023 pada Sabtu 25 November 2023. Di Alun-Alun I Jepara, MB CBS tampil di depan ribuan guru, peserta upacara HGN tingkat kabupaten. Upacara itu  dihadiri Sekda Jepara sebagai inspektur upacara dan disaksikan forkopimda. Sedangkan di halaman sekolah, CBS Junior tampil setelah upacara yang sama Tingkat sekolah.

MB CBS adalah salah satu ekstrakurikuler bergengsi di SMPN 2 Jepara. Selain kerap tampil di wilayah Jepara, tahun ini CBS memegang status sebagai juara 1 lomba marching band Jateng Open tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Setiap tahun, upacara peringatan Hari Guru Nasional selalu kita laksanakan tanggal 25 November. Setelah itu doa bersama sekaligus potong tumpeng, dilanjutkan rapat dengan bapak/ibu guru dan karyawan. Namun tahun ini berbeda. Ada persembahan spesial perform MB CBS Junior kepada bapak/ibu dewan guru,” kata Kepala SMPN 2 Jepara Fatkhurrohman yang tahun ini menghadiri undangan upacara tingkat kabupaten, dan menunjuk salah satu guru, Sholikhin, sebagai pembina upacara di sekolah.

Saat menyampaikan amanat sebagai pembina upacara sekolah, Sholikhin menyebut tema HGN tahun ini adalah “Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar”. Selain mengutip isi pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, dalam kesempatan itu ia juga berpesan agar peserta upacara untuk khidmat mengikuti upacara bendera, baik pada hari ini maupun upacara-upacara mendatang.

Waka Kurikulum Nanik Agustina mengatakan peringatan Hari Guru Nasional menjadi momentum yang sangat membanggakan bagi para guru. “Bahwa hari guru mempunyai makna sebagai bentuk penghormatan kepada guru atas jasa yang telah dilakukannya selama mengajar dan mendidik anak-anak,” ujarnya.

Ketua OSIS Naela Az-Zahra mengatakan, pada kegiatan HGN anak-anak OSIS menyelenggarakan kegiatan menghias nasi goreng. Masing-masing kelas mendelegasikan dua orang. Meski tidak dilombakan, kegiatan ini disambut antusias sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada bapak/ibu guru.

Pada saat itulah, MB CBS Junior tampil di halaman sekolah dan mendapat apresiasi dari Abdul Wahab, staf kesiswaan serta guru dan karyawan sekolah. Andriyani Sofyan selaku Pembina MB CBS mengucapkan terima kasih secara khusus kepada Fitri Asmaryanti selaku Waka Kesiswaan atas diberikan kesempatan untuk tampil. Juga kepada dewan guru yang telah antusias menyaksikan penampilan MB CBS Junior.

“Latihan untuk ini hanya selama dua bulan. Tapi alhamdulillah hasilnya sudah luar biasa. Semoga penampilan ini menjadikan tambah semangat untuk terus memberikan penampilan terbaik,” kata Sofyan.

 

Wahab- Aksal