blank
KA Daop 4 Semarang. Foto: Dok/SB

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang mencatat bahwa tiket kereta api periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 masih tersedia cukup banyak. Terhitung sampai hari ini Jumat (24/11/2024) okupansi masih berkisar 10 persen.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo mengatakan, jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung. “KAI menyarankan kepada masyarakat yang akan berlibur menggunakan transportasi kereta api di masa liburan Nataru, agar dapat segera memesan tiket, karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia,” kata Franoto.

Masyarakat dapat membeli tiket kereta api jarak jauh reguler yang telah tersedia di aplikasi Access by KAI, website kai.id, minimarket, serta seluruh channel pembelian tiket KA mulai H-45. Adapun pembelian tiket di loket stasiun hanya tersedia untuk keberangkatan KA mulai 3 jam (go show).

Disampaikan, ada sejumlah 33 KA Reguler, yaitu 29 KA jarak jauh dan 4 KA lokal yang disiapkan oleh KAI Daop 4 Semarang yang per harinya selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) dimulai tanggal 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

Sementara Rute KA yang menjadi favorit untuk angkutan Nataru sejauh ini, diantaranya KA Argo Muria relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir pp, KA Argo Sindoro relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir pp, KA Tawang Jaya Premium relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Pasar Senen pp, KA Tawang Jaya relasi Semarang Poncol – Pasar Senen pp dan KA Ambarawa Ekspress relasi Semarang Poncol – Surabaya Pasarturi pp.

KAI Daop 4 memprediksi, bahwa puncak naik turun penumpang di stasiun-stasiun wilayah Daop 4 Semarang berdasarkan pantauan hari ini Jumat (24/11), untuk penumpang datang atau turun tertinggi terjadi pada Jumat 22 Desember 2023 dan penumpang naik tertinggi terjadi pada Senin 1 Januari 2024.

Sedangkan volume penumpang yang naik menggunakan KA selama periode masa angkutan Nataru 2023/2024 di wilayah Daop 4 Semarang diprediksi sebanyak 326.042 penumpang, atau naik 16% dibanding periode yang sama masa angkutan Nataru 2022/2023 sebanyak 281.146 penumpang.

Untuk menangkal praktik percaloan tiket, KAI sudah lama menerapkan kebijakan one seat one passenger dan boarding system yang mewajibkan nama penumpang sesuai antara yang tertera di tiket dan di kartu identitas.

KAI mengajak masyarakat menggunakan moda transportasi kereta api untuk pulang kampung, liburan, atau tujuan lainnya. Karena kereta api memiliki banyak keunggulan, diantaranya mengutamakan keselamatan, sehat dan nyaman, tepat waktu, serta jangkauan stasiun yang luas mulai dari pusat kota hingga ke pedesaan.

Ning S