Sango dan Indonesian Chef Association (ICA) berkolaborasi dalam Semarang Food, Beverage. & Chef Festival 2023 di PRPP Semarang. (Foto HP)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Indonesia Chef Association (ICA) berkolaborasi dengan PT Sango Ceramics menghadirkan kembali gelaran Semarang Food, Beverage and Chef (FBC) Festival 2023.

Bertempat di PRPP Convention Center Semarang, gelaran Semarang FBC 2023 diadakan selama 3 hari pada 24 – 26 November 2023 dan diramaikan dengan berbagai vendor industri kuliner serta dihadiri ratusan chef.

Event ini sendiri merupakan event tahunan yang menyajikan produk makanan dan minuman dengan tujuan turut mendukung kemajuan industri makanan dan minuman dengan mempertemukan antara pelaku industri makanan dan minuman dengan pengusaha yang bergerak dalam bidang food & beverage.

Selain menjadi pameran makanan dan minuman terlengkap di Jawa Tengah, Semarang FBC Festival 2023 bersama Sango sepakat untuk berkolaborasi mendukung Indonesian Chef Association (ICA) dalam melestarikan kuliner Indonesia dalam Rapat Pimpinan Nasional 2024.

Adapun kegiatan rapat Pimpinan Nasional ini akan diikuti oleh seluruh ketua-ketua BPD ICA se-Indonesia. Tidak hanya itu saja, peserta pameran tersebut seluruhnya produk-produk Indonesia.

“Semarang Food, Beverage, and Chef Festival 2023 mendukung produk asli buatan Indonesia dan menyuarakan bangga buatan lokal,” kata President ICA, Chef Susanto, usai acara pembukaan, Jumat (24/11/2023).

Dalam acara tersebut, berbagai macam kegiatan turut memeriahkan Semarang FBC Festival seperti cooking demonstration, cooking competition, fruit carving & cake decoration, dan meet & greet, serta kolaborasi dengan para chef ternama Indonesia seperti Chef Yongki Gunawan, Chef Brian Wicaksono, Chef Axhiang, Chef Chandra Yudasswara, dan chef ternama lainnya.

Dalam melestarikan kuliner Indonesia, cooking competition tahun ini memiliki tema kebudayaan Indonesia. Para peserta diminta untuk membuat makanan dengan citra rasa khas Indonesia.

“Dengan diadakannya acara ini, berharap penggemar makanan dan para calon chef dapat terlibat dan berinteraksi secara langsung dan turut serta ikut melestarikan kuliner Indonesia,” katanya.

Pihak penyelenggara event, Sofianto Widjaja selaku Direktur PT Wahana Kemalaniaga Makmur mengatakan, FBC Festival di Kota Semarang ini merupakan pameran tahunan yang paling ditunggu-tunggu oleh pecinta makanan dan minuman.

“Tahun ini kami selenggarakan di kota Semarang karena Semarang merupakan ibu kota Jawa Tengah yang memiliki banyak kuliner tradisional dengan cita rasa khas Jawa yang istimewa,” katanya.

Sofianto menjelaskan, pihaknya melihat industri makanan dan minuman berkembang pesat di daerah Jawa Tengah, khususnya di Semarang. Dengan diselenggarakan pameran ini, diharapkan dapat menjadi bagian berkembangnya industri makanan dan minuman di Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang.

Sementara itu, sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang tableware untuk produk HORECA, PT Sango Ceramics Indonesia turut mendukung gelaran pameran Semarang FBC Festival 2023 tersebut.

“Kami sangat senang dapat mendukung dan terlibat secara langsung dalam pameran Semarang Food, Beverage, and Chef Festival tahun 2023 ini. Dengan keikutsertaan kami terlibat dalam pameran ini berarti secara langsung dan dengan sadar kami ikut serta melestarikan kuliner Indonesia,” kata Sapto Utomo Hidayat selaku Direktur Utama PT Sango Ceramics Indonesia.

Sapto berharap dengan diadakannya pameran ini secara rutin akan memajukan kuliner Indonesia sampai mancanegara. Tidak hanya itu saja, pihaknya juga berharap bisnis HORECA semakin maju khususnya di wilayah Jawa Tengah ini.

Senada seperti yang diungkapkan Sapto, semangat yang sama juga dirasakan Ketua BPD Jawa Tengah Indonesian Chef Association, Chef Hendro Purwanto, yang mendorong kemajuan industri makanan dan minuman di Jawa Tengah.

“Kami akan selalu mendukung acara Food, Beverage, and Chef Festival ini. Dengan senang hati serta semangat, kami mendukung dan memajukan industri makanan dan minuman di Jawa Tengah khususnya kota Semarang dan melestarikan kuliner Indonesia,” katanya.

Dirinya menjelaskan, alasan dipilihnya Kota Semarang sebagai tempat untuk penyelenggaraan acara FBC Festival lantaran Kota Semarang terkenal dengan berbagai macam wisata kulinernya.

“Yang datang untuk mencicipi kulinernya bukan hanya dari pendatang domestik saja tapi juga dari manca negara. Acara pameran ini menjadi ajang dan paling ditunggu-tunggu untuk meningkatkan bisnis untuk para pelaku usaha kuliner,” katanya.

Chef Hendro mengungkapkan, Semarang FBC Festival 2023 menampilkan berbagai macam kompetisi masak yang diikuti oleh sejumlah chef dari hotel bintang 5 di Jawa Tengah. Selain itu beberapa selebriti chef juga akan mempertunjukan keahliannya dalam demo masak dan pengunjung yang beruntung dapat mencicipi hasil masakan dari selebriti chef tersebut.

“Pengunjung yang datang akan dimanjakan dan disuguhkan juga dengan berbagai macam tester makanan yang di sediakan oleh peserta pameran. Para pecinta kuliner harus datang dan rasakan euforia dalam event ini,” kata salah satu selebriti chef yang juga anggota senior di ICA, Chef Yongki Gunawan.

Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jateng, July Emmylia, dalam sambutannya mewakili Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana mengatakan sangat mengapresiasi dengan diadakannya kegiatan Semarang FBC Festival 2023 tersebut dan berharap dengan adanya kegiatan tersebut bisa memajukan dunia perkulineran di Jawa Tengah.

“Adanya kegiatan pameran industri food and beverage ini sangat mendorong perkembangan dunia kulineran. Harapannya semua orang bisa mengambil manfaat dan kesempatan ini untuk berkembang dan memajukan perekonomian, khususnya di Jawa Tengah,” katanya.

Hery Priyono