blank
Kepala SMPN 5 Jepara, Lisna Handayani, M.Pd bersama siswa dan narasumber pelatihan

JEPARA (SUARABARU.ID) – Sebanyak 40 siswa SMP Negeri 5 Jepara mengikuti pelatihan jurnalistik yang berlangsung laboratorium IPA sekolah penggerak  tersebut, Jumat (24/11-2023). Kegiatan yang dibuka oleh Kepala SMPN 5 Jepara, Lisna Handayani, M.Pd ini menghadirkan narasumber  Hadi Priyanto, Ketua Forum Penulis Literasi Jepara yang juga seorang jurnalis.

Kepala SMPN 5 Jepara Lisna Handayani saat membuka pelatihan tersebut menegaskan petingnya mengembangkan karakter literasi bagi para pelajar dalam mengembangkan potensi dirinya. “Karena itu SMPN 5 secara rutin melakukan pelatihan jurnalistik untuk siswa. Harapannya siswa mulai mengembangkan budaya literasi,” ujarnya

blank
Kepala SMPN 5 Jepara, Lisna Handayani, M.Pd saat membuka acara pelatihan jurnalistik

Hadi Priyanto saat menyampaikan materi pelatihan mengungkapkan pentingnya minat, niat, dan keberanian siswa dalam mengembangkan potensi dirinya dalam bidang jurnalistik. “Disamping itu lingkungan, baik sekolah dan keluarga juga sangat menentukan,” ujar Hadi Priyanto

Karena itu motivasi pribadi sangat penting. “ Salah satu nilai yang dapat kalian jadikan inspirasi adalah meyakini bahwa hidup akan dapat lebih bermakna, jika  kita memiliki karya yang dapat dinikmati dan bermanfaat bagi orang lain.  Ketika waktu kita  habis, karya  akan abadi dan dikenang oleh orang-orang disekitar kita,” ujar Hadi   memberikan motivasi.

blank
Dua peserta yang aktif dan memiliki minat mendapatkan hadiah buku dari narasumber

Menurut Hadi, mengembangkan budaya literasi, termasuk jurnalistik tepat dilakukan pada usia remaja. “Artinya lingkungan sekolah menjadi lingkungan yang sangat menentukan siswa dalam mengembangkan minat dan bakatnya,” tambahnya.

Pada akhir sesi Hadi Priyanto juga membagikan  buku karyanya untuk dua peserta pelatihan  yang dinilai aktif dan memiliki minat terhadap bidang jurnalistik.

Hadepe