Babinsa Serka Tukimin dari Koramil-10 Wuryantoro Kodim 0728 Wonogiri, tampil menjadi instruktur melatih para santri Pondok Pesantren Qur An.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Babinsa Serka Tukimin dari Koramil-10/Wuryantoro, tampil menjadi instruktur untuk memberikan pelatihan kepada para Santri Pondok Pesantren (Ponpes) Mutiara Qur An di Dusun Kerjo, Kelurahan Mojopuro, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, materi pelatihan yang diberikan meliputi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang). Ini berkaitan dengan upaya membentuk karakter para Santri, menjadi generasi muda yang cinta Tanah Air, juga cinta tehadap bangsa dan negaranya.

Pelatihan diberikan dalam teori dan praktik, termasuk praktik tata cara baris berbaris dan teknik penghormatan yang baik dan benar. Juga diberikan pebimbingan agar para santri senantiasa bersemangat dan kompak,

”Kegiatan ini untuk membentuk karakter para santri agar lebih disiplin,” jelas Babinsa Serka Tukimin. Juga sebagai uapaya menumbusuburkan semangat dan jiwa nasionalisme, sekaligus menjadi pembinaan agar terampil dalam melaksanakan kegiatan PBB.

Dikatakan lebih lanjut, kegiatan Babinsa masuk sekolah dan masuk Ponpes, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan selaku aparat kewilayahan. Menjadi bagian tugas Babinsa dalam membina teritorial (Binter)-nya.

Yang eksistensinya, Babinsa harus dekat dengan masyarakat, termasuk para pelajar di sekolohan umum, maupun dengan para santri yang menempuh pendidikan di Ponpes.
Bambang Pur