blank

Unissula mengadakan program mata kuliah interprofesional education. Kuliah melibatkan 18 mahasiswa kedokteran umum, kedokteran gigi, kebidanan, farmasi dan keperawatan. Dalam kesempatan tersebut diadakan penyuluhan kesehatan di Posyandu bayi/balita Kentang, Bangetayu Wetan.

Tema yang diangkat yakni kolaborasi antar profesi kesehatan dalam meningkatkan kesehatan ibu dan anak. Tujuan mencegah masalah kesehatan pada anak dalam masa tumbuh kembang. Kegiatan ini dihadiri oleh 50 ibu dan anak bertempat di jalan Kyai Nawawi, Bangetayu Wetan (13/11/2023).

“Dengan adanya kolaborasi penyuluhan kesehatan ini, diharapkan ibu bayi balita dapat lebih memahami mengenai pencegahan dan masalahan kesehatan yang akan terjadi pada masa tumbuh kembangnya. Selain itu diharapkan dapat menyatukan peran antar profesi tenaga kesehatan dalam penyelamatan masalah kesehatan di Indonesia.” Ungkap Hanifatur Rosyidah, pemateri sekaligus dosen Kebidanan Unissula.

Para mahasiswa kesehatan tersebut saling berbagi. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ofta Syaifullah Setiawan,mahasiswa Kedokteran Gigi yang bertugas mengkoordinir jalannya penyuluhan ini. Rizki Amalya Syajidah mahasiswa dari Kebidanan bertugas dalam penyampaian edukasi langsung kepada ibu mengenai gizi seimbang. Hanifatur Rosyidah berperan memberikan pelatihan edukasi langsung kepada kader mengenai metode KAP atau Komunikasi Antar Pribadi, yang bertujuan agar kader dapat meneruskan edukasi ini kepada ibu-ibu pada kegiatan posyandu selanjutnya.