blank
Bawaslu Provinsi Jawa Tengah melaksanakan apel siaga pengawasan tahapan kampanye Pemilu 2024 yang berlangsung di Candi Borobudur. Foto: Dok/Bawaslu

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Bawaslu Provinsi Jawa Tengah melaksanakan apel siaga pengawasan tahapan kampanye Pemilu 2024 yang berlangsung di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng, Kamis (23/11/2023).

Dalam kegiatan, pihaknya menggandeng TNI-Polri, Forkopimda Jateng, stakeholder, dan unsur terkait.

Bawaslu Provinsi Jawa Tengah menegaskan komitmen bersama untuk melakukan pengawasan penyelenggaraan Pemilu sebagai bentuk tanggung jawab bersama dalam mewujudkan Pemilu aman dan damai.

Ketua Bawaslu Provinsi Jateng, Muhammad Amin mengatakan, dipilihnya lokasi apel siaga pengawasan di Candi Borobudur ini bukan hanya karena menjadi salah satu ikon bangunan Jawa Tengah, namun juga karena nilai-nilai luhur dijadikan sebagai pedoman moralitas kehidupan berbangsa dan bertanah air.

“Begitupun pada jajaran pengawas dari tingkatan paling bawah, yang menjadi ujung tombak Bawaslu, pengawas TPS, pengawas kelurahan/desa, pengawas Pemilu kecamatan dan pengawas Pemilu di tingkatan kabupaten/kota tidak bisa berdiri kokoh apabila tidak ditopang para stakeholder terkait,” ujarnya.

Amin mengingatkan, bahwa semua memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjamin pelaksanaan Pemilu berlangsung secara demokratis sesuai asas luber jurdil.

“Optimalkan pencegahan dengan identifikasi permasalahan dan isu-isu tahapan kampanye pada penyelenggaraan pemilu sebelumnya. Petakan potensi kerawanannya, jalin koordinasi dengan berbagai stakeholder. Lakukan pengawasan secara melekat, catat hasil pengawasan, pastikan seluruh jajaran pengawas di wilayah juga melakukan hal yang sama,” tandas Amin.

Ning S